Pemerintah akan Tindak Tegas Situs Provokatif


Jakarta, (Analisa)

Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh menyatakan akan menindak tegas situs internet yang bernada provokatif, yang menimbulkan keresahan di masyarakat, sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Aturan yang kita miliki di Undang-Undang Kebebasan Informasi Publik (KIP) dan transaksi elektronik maupun KUHP, melarang menyebarkan hal-hal yang berbau pertentangan baik basisnya bisnis atau SARA. Dilarang itu, berarti ada konsekuensi hukumnya,” kata M Nuh kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Menurut Nuh, lewat jangkauan penegak hukum, pelaku penyebaran pasti akan dilacak dan diberikan sanksi tegas.

“Sanksinya mulai dari masuk penjara dan denda. Kita persilakan kepada penegak hukum untuk menindak tegas, tidak peduli perorangan, kelompok, atau pun perusahaan,” katanya.

Ia mengatakan, karena penyebaran hal-hal yang berbau SARA dituangkan dalam bentuk virtual di dunia maya, maka penegakan hukum yang dilakukan juga melalui pendekatan virtual.

Sebelumnya, keberadaan situs-situs bernada provokatif semakin marak di situs Indonesia. Setelah situs http://www.arrah mah.com yang memuat foto tiga terpidana mati kasus bom bali, kali ini beredar komik yang menggambarkan sosok Nabi Muhammad SAW.

Komik tersebut dibuat dalam sebuah blog yang bisa dilihat di wordpress.com. Komik ini tersebar dari orang ke orang lewat surat elektronik (email). (Ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s