Pemadaman Listrik Picu Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta Medan


Domisili saya tidak jauh dari LP Tanjung Gusta medan, hanya sekitar 20 – 30 menit berkendaraan roda dua sudah sampai di sana. Kerusuhan yang menyebabkan banyaknya napi yang kabur membuat bergidik warga di sekitar lapas dan termasuk warga di kompleks perumahan kami.

Kejadian yang memalukan pihak rutan dan para penegak hukum ini sebenarnya hanya masalah sepele. Konon pemadam listrik yang akhir-akhir ini memang sering terjadi di Medan dan daerah lain di Sumut. Apalagi pemadaman terjadi di bulan puasa seperti ini sungguh sangat disayangkan.

Kerugian  akibat pemadaman listrik ini sudah banyak diderita oleh konsumen PLN khususnya warga kota Medan. Baik peralatan yang rusak maupun hentakan meteran listrik yang melonjak saat aliran listrik menyala dengan tiba-tiba. Sedangkan konsumen hanya pasrah dan tak bisa menuntut ke pihak PLN, padahal kalau terlambat atau menunggak saja sudah langsung didenda oleh pihak PLN.

Puncak kerugian akibat pemadaman listrik ini menimbulkan efek yang besar dengan terjadinya kerusuhan di lapas Tanjung Gusta Medan. Puluhan napi kabur dan ada pula sipir yang disekap dan meninggal dunia. Para napi yang berjubel di lapas marah karena listrik tidak menyala akibatnya pompa air tidak bekerja dan air tidak mengalir di kamar mandi dan wc lapas.  Apalagi kipas angin yang biasa memberi sedikit kesejukan di lapas juga tidak berputar karena ketiadaan arus listrik. Konon genset yang ada di lapas juga tidak bisa memasok daya listrik untuk semua ruangan di lapas itu.

Jadi kalau listrik padam di rumah istri hanya bisa merepet dan para suami yang kena dampaknya. Tapi kalau kejadiannya di lapas dan  para penghuni lapas marah, terjadilah kerusuhan dan dimanfaatkan napi untuk bisa kabur maka jadi kacau akibatnya.

Artikel ini tidak bermaksud menyalahkan siapa-siapa, tetapi hanya sebagai bahan renungan saja.

3 tanggapan untuk “Pemadaman Listrik Picu Kerusuhan Lapas Tanjung Gusta Medan

  1. KISAH SUKSES Mardiana; lolos PNS guru lingkungan PEMDA lampung

    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk JOKO SUTRISNO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs JOKO SUTRISNO SH,Msi Tlp:0823-21677798 Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

  2. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada AKY WAHYU atas bantuan AKY saya sudah bisa membayar semua hatang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya usaha kecil2an sendiri itu semua berkat bantuan AKY WAHYU yg telah memberikan anka jitunya kepada saya dan alhamdulillah berhasil,,ramalan AKY WAHYU meman memiliki ramalan “GHOIB” yang dijamin 100% tembus,jika anda mau bukti bukan kata2 silahkan anda hubungi AKY WAHYU di nope 085**241**426**755

    Saya sangat berterimah kasih banyak kepada AKY WAHYU atas bantuan AKY saya sudah bisa membayar semua hatang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya usaha kecil2an sendiri itu semua berkat bantuan AKY WAHYU yg telah memberikan anka jitunya kepada saya dan alhamdulillah berhasil,,ramalan AKY WAHYU meman memiliki ramalan “GHOIB” yang dijamin 100% tembus,jika anda mau bukti bukan kata2 silahkan anda hubungi AKY WAHYU di nope 085**241**426**755

    Saya sangat berterimah kasih banyak kepada AKY WAHYU atas bantuan AKY saya sudah bisa membayar semua hatang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya usaha kecil2an sendiri itu semua berkat bantuan AKY WAHYU yg telah memberikan anka jitunya kepada saya dan alhamdulillah berhasil,,ramalan AKY WAHYU meman memiliki ramalan “GHOIB” yang dijamin 100% tembus,jika anda mau bukti bukan kata2 silahkan anda hubungi AKY WAHYU di nope 085**241**426**755

    Saya sangat berterimah kasih banyak kepada AKY WAHYU atas bantuan AKY saya sudah bisa membayar semua hatang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya usaha kecil2an sendiri itu semua berkat bantuan AKY WAHYU yg telah memberikan anka jitunya kepada saya dan alhamdulillah berhasil,,ramalan AKY WAHYU meman memiliki ramalan “GHOIB” yang dijamin 100% tembus,jika anda mau bukti bukan kata2 silahkan anda hubungi AKY WAHYU di nope 085**241**426**755

  3. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada AKY WAHYU atas bantuan AKY saya sudah bisa membayar semua hatang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya usaha kecil2an sendiri itu semua berkat bantuan AKY WAHYU yg telah memberikan anka jitunya kepada saya dan alhamdulillah berhasil,,ramalan AKY WAHYU meman memiliki ramalan “GHOIB” yang dijamin 100% tembus,jika anda mau bukti bukan kata2 silahkan anda hubungi AKY WAHYU di nope 085**241**426**755

Tinggalkan komentar