MENCUKUR BULU KEMALUAN


Bagi beberapa orang, mungkin tindakan ini dirasakan ‘aneh’, namun sebenarnya Rasululloh SAW telah memberikan contoh untuk hal ‘aneh’ sekalipun. ) Ada juga orang yg malu untuk bertanya tentang hal seperti ini, padahal di Islam TIDAK MENGENAL RASA MALU untuk bertanya hal-hal yang tidak diketahui.

Hukum mencukur rambut (ada juga yg menyebut bulu) kemaluan adalah SUNNAH. Hal ini berdasarkan hadits Nabi SAW berikut:
“Lima hal yang termasuk sunnah fitrah: Mencukur bulu kemaluan, berkhitan, memendekkan kumis, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku.” (HR Jama’ah)

“Agar kesemuanya itu tidak melebihi 40 malam.” (HR Ahmad, Abu Daud, dll)

Cara lain, selain mencukur, adalah mencabut, menggunting, atau cara lain (jika ada). Perbuatan ini (mencukur bulu kemaluan) hendaknya dilakukan oleh diri sendiri, atau oleh istrinya. Jika selain istri kita, maka hukumnya TIDAK BOLEH (beberapa ulama menyatakan HARAM), dikarenakan kemaluan merupakan salah satu aurat yang mesti dijaga dari orang-orang yg tidak berhak.

Secara ilmu kedokteran modern, diketahui bahwa daerah-daerah pada tubuh manusia yang menjadi sarang penyakit hendaknya senantiasa dibersihkan, diantaranya adalah mencukur bulu disekitar kemaluan baik bagi laki-laki maupun wanita.

Dengan demikian, jelaslah bahwa Islam merupakan agama yg PALING SEMPURNA )

Iklan

92 tanggapan untuk “MENCUKUR BULU KEMALUAN

  1. selama ini sy sll bertanya tanya apakah mencukur bulu kemaluan dilarang oleh agama islam?tp Alhamdullah stlh membaca artikel ini sy sangat trbantu dn tw klw trnyata mencukur bulu kemaluan hukumnya sunnah.tq ats infonya

  2. @ riacuii ny fahrez, hkumx d brpndpat sunnah, dlm artian qt mnckur n dpt phala, bkn trus tdk mnckur dosa,, tinggal gmn qt mxikapinya aj,,

    mf sblmx, klo msal anda blm brsuami ushain tntuin aj tanggal yg pas, msal typ akhir bln tw gmn gt, tp lw ad suami/psangan, tw ibu anda, ushain bwt sling mngingatkan,,, krn smw amal ibdah kcil kn jd bsar jk dlakuin dg brkelanjutan (istiqomah)…
    wassalam

  3. Saya tadi cukur bulu kemaluan pakai alat cur seperti gilette. Jadi berapa lama tumauh kembali bulu yang dicukur sampai setengah centimeter. Saya takut tak tumbuh lagi

  4. banyak yang bilang kita tdak boleh mencuku semua bulu…
    karena itu yang nantinya bantuin kita di akhirat nanti…..
    benar nggak ???
    aku barusan cukur bulu kemaluanku….
    aku kadang merasa takut karena aku pikir telah menentang agama…

  5. Kælau 4bln se x baru di cukur pa hukum nya
    Soalny saya wanita karir wat ngurus diri sendiri ja gak sempat,…

  6. lewat 40 hari hukumnya haram, klau kurang hukumnya apa???
    karna sy biasax mencukurnya tiap slesai menstruasi N biasax pling lama 28 hari.

  7. kalau kita cukur bulu kemaluan kita ape akan terjadi…sepertii…bolehh …or akan terjadi sesesuatu..sepertii akan keluar biji2 kew….semakin banyak kew..or benda lainn

  8. Assalamualaikum wr wb…

    Kang mau tanya ni…
    Klo kita mencukur bulu pada kaki hukumnya apa?

    Sebelumnya terimakasih…

  9. Kalau begitu mulai sekarang bulu ketiak tidak dipelihara lagi, tetapi hrs di “cabut” setiap bulan….. 🙂

  10. Untuk Sutrisna:
    Mencukur bulu kemaluan itu memang dianjurkan dan hukumnya sunah malahan berpahala. Manfaatnya sebagai kebersihan alat vital itu sendiri sehingga jika kebersihannya terjaga dengan mencukur bulu-bulunya maka akan menjadi sehat.

  11. wahh.saya kira hukumnya haram..soalnya temen saya pernah cerita klu mencukur rambut kemaluan itu haram..jadi saya penasaran akan hukumnya..

  12. jembutku jarang aku cukur, tapi aku rawat. tiap hari aku rutin keramasin…jadi lebat dan indah…. istriku paling suka mainin kalau pas lg mau berhubungan intim.
    jadi menurutku gak perlu dicukur tapi syaratnya harus dijaga kebersihannya….

  13. mas , menurut syariat islam dicukurnya harus bener-bener botak atau secukupnya agar tidak menggangu doang ?

  14. Islam memang sempurna..

    ”Pada hari ini telah kusempurnakan islam sbagai agamamu…”

    QS Al maidah : ayat 3 kalo gk salah..

    Mencukur bulu kemaluan dan mencabut bulu ketiak wajib..Rasul SAW telah brsabda : ”syetan telah menjadikan mainan dan pegangan pada bulu kemaluan dan ketiak.”

    Jadi wajib bgi yg udah tmbuh bulu..

  15. assalammualaikum wr wb…?

    saya telah membaca dari awal sampai ahir tentang
    mencukur bulu kemaluan di atas.
    pertanya’an saya…:
    1. adakah batasan-batasan Umur dalam bulu kemaluan laki-laki atau prempuan …..?
    dan
    2. pemotongan bulu kemaluan tersebut di lakukan setelah menikah atau di lakuakn sebelum menikah…….?

    sukron…”
    ___________________________________________
    JAWABAN:
    1. Dilakukan setelah akil baligh ditandai mimpi basah pada laki2 dan menstruasi pada wanita. Dicukur paling lama 40 hari sekali.

    2. Dicukur saat masih remaja dan ketika sudah menikah.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih.

  16. Thx,,bt infonya..

  17. Klo gw selalu cukur rambut kemaluan, selain bersih, enak dilihat, biasanya gw cukur sekalian coli, abis itu mandi…

  18. pernah denger katanya kalo bwt perempuan yang belum menikah g boleh cukur, tapi ada yg bilang juga harus . jadi sebenarnya yang mana ? saya sendiri masih bingung .

  19. Jd bingunk. Ckck. Cukur gag ya. Takud ne ! Hhi. So’al ny blm prnh. Umr kku bru 17. Tp, bulu ketek msh dikid laa numbuh. Blm lebad. Eh, rambut d.vagina d.gunting, ato d.cukur sich ? D.jawab ya !

  20. saya potong kuku hari jumat, atau hari selasa, kadang kadang hari rabu atau senin, hari minggu juga pernah. yang paling penting ketika kita sadar kuku panjang ya dipotong, itu lebih baik daripada kuku dah panjang dan sadarnya hari sabtu tapi motong kukunya nunggu nanti hari jumat

  21. Wah sayang banget tapi kalau skrg harus cukur bulu ketiak, punya saya udah dirawat banget dan uda sampe panjang dan lebat sekarang….malahan banyak yang suka sama bulu ketiak yang saya punya, katanya bikin seksi dan aroma nya merangsang…hehehe…

  22. sebetulnya sih gak aneh nyukur bulu kemaluan, karena udah umum….banyak dilakukan oleh kebanyakan orang kok…..karena emg risih, suka gatel dsbnya. kadang2 ska ketarik2 kan sakit….malahan bisa jadi ritual kemesraan dg istri, gantian trus dibersihin habis itu baru dilanjutkan ibadah berikutnya…heheheh

  23. menggunakan apa jika ingin memotong bulu kemaluan :
    1.Gunting
    2.Kerok Jenggot
    3.Pisau
    Sakit tidak waktu memotong bulu kemaluan :
    1.Ya
    2.Tidak

  24. Klo ternyata bisa ada efek sampingnya kok dibilang sempurna ya.. apa ga kelebihan nih..? yang begini jangan dianggap jadi serba sempurna.. Mending bahas ayat2 yang lainnya yg sempurna saja.. yg tidak ada perbedaan persepsinya!

  25. Waktu dulu belum mencabut ketek saya aman2 saja, klo dicabut berarti membabat habis bulu! bukannya memotong bulu, oleh sebab itu sekarang bahkan sering gampang lecet2 dan sembuh berulang2 terus dan saya suka beraktivitas olahraga basket dan football, karena seringnya tergesek2.. dan ternyata adanya bulu ketek pasti ada funginya juga.
    klo tidak Allah yang Maha Sempurna pasti tidak akan Menciptakan bulu ketek!!

    Di Hadits menyuruh Dicabut bukannya Dipendekkan, “..Tapi mencabut bulu ketiak..” coba dibaca ulang.

    Tolong Hadits jangan dirubah2 menjadi memotong/dipendekkan! jangan dijadikan kata penyesuaian karena Arti Memotong dan Mencabut Beda!
    Ingat..!! Klo dirubah kata2nya berarti sudah merubah Hadits karena arti 2 kata itu beda! kalau kata2 dirubah sempurnanya dimana?

  26. kalau bicara agama jangan disini Mbah… lagipula g mungkin Islam sempurna, wong nabinya aja g sempurna, koq bisa jadi sempurna itu gimana.Aneh.

  27. waduh ternyata cukur bulu kmaluan tuch wajib,,,,,,,,,kirain gk apa-apa gk dcukur jga,,,,,pdhal dwah lebat banget ney…….y udah tar dicukur dweh……thanks atas infonya

  28. Awalnya saya penasaran setelah membaca artikel dari barat tentang cukur bulu kemaluan, lalu saya coba, itu sekitar dua belas tahun lalu. Saya ingat betul, saya cukur untuk yang kedua, empat tahun setelah yang pertama. Selanjutnya, setahun sekali saya cukur. Hasilnya bikin saya bangga, karena bulu kemaluan saya lebat sekali, item, panjang-panjang, yang terpanjang ada yang sampai 12 cm, dan keriting sekali. Pada dasarnya, saya suka bulu yang lebat dan item, jadi, saya rutin mencukurnya, karena paling-paling dalam 3 atau 4 bulan sudah balik sempurna lagi lebatnya. Memang benar, semakin sering dicukur, semakin lebat, dan yang pasti istri saya semakin tergila-gila sama saya.

  29. saya punyaaaa.. cukup soalnya kalo nggak dicukur ntar waktu berhubungan nya nggak enak….. lagian istri aya suka sama punya saya soalnya besar penisss saya sampai 15cm

  30. Bersih… bersih… Islam adalah agama yg paling menganjurkan kebersihan.. Kaffah.. kaffah.. haruslah kita ber-Islam secara kaffah. Dengan Tauhid/syariat serta Tasawuf/cinta

  31. @neneng hati cukurnya Insya Allah tidak terluka.

    @leguinare utk ketiak perintahnya dicabut, utk yg lain dicukur.

    @agung mencabutnya dgn hati2 Insya Allah tdk sakit.
    Mencukur plg lama 40hari, jika lewat hukumnya makruh atau kurang baik.

  32. mas abdul,
    saya mau tanya,
    btw kalo bulu ketiak di cabut kan sakit bgt,kalo dicukur aja blh ngga?
    trus kalo bulu kemaluan dicukurnya brp bln sekali?trus dihabisin semua bulunya atau di sisain?thx atas ilmunya

  33. truz
    gMn cara yg tepat untk ckur bulu vagina ? ? mang g ngeri tLuka Y Vagina’a ?
    hehehe

  34. waduh, kirain gak boleh. udah panjang nih… hehe.

    kalo jenggot gak tumbuh” gimana tuh om?

    @diazhandsome
    Kalau sudah dewasa diatas umur 21 tahun jenggot bisa tumbuh.
    Kalau tidak bisa boleh digunakan minyak penumbuh jenggot.

  35. Mau nanya …
    Misalnya melakukan wax(mencabut seluruh rambut diseluruh tubuh) itu hukumnya haram atau halal..????

    @Zza
    Alis tidak boleh dicukur/dicabut hukumnya haram.
    Bulu yang lain diperbolehkan terutama bulu kemaluan dan bulu ketiak.

  36. wah kalo rambutnya dicukur ga gagah mas… lagipula kurang merangsang. aku justru paling suka lihat rambut punya biniku yang disitu tumbuh lebat baru lihat aja sudah theng-thengan…..

  37. Maaf, ternyata setelah baca lagi, yang di Hadits itu MENCABUT BULU KETIAK. Berarti kalau disunahkan, aman donk buat umat.

    Selama ini terkecoh dengan pernyataan MENCUKUR BULU KETIAK. Dari beberapa studi di Amerika, kalau mencukur bulu ketiak sangat berbahaya seperti pernyataan Bevers “memang membuang bulu ketiak dengan mencukurnya adalah paling berbahaya karena kemungkinan timbulnya luka-luka minor lebih besar”.

    Jadi buat semuanya mohon dipahamkan lagi konteks MENCABUT dan MENCUKUR!

    Karena di berbagai komen thread ada yang belum paham arti MENCABUT dan MENCUKUR. Masih ada seseorang yang menganggap keduanya sama bahkan di komennya disertakan hadits pula. Makanya mari kita budayakan membaca biar tak salah mengomentari thread.

    Sekali lagi mari kita pahamkan lagi MENCABUT dan MENCUKUR. Kalau MENCABUT BULU KETIAK disunahkan, InsyaAllah aman donk buat umat.

  38. @ GeRrY

    Bedanya bulu ketiak yang sudah pernah dicukur sama yang belum pernah dicukur sejak tumbuh adalah

    Yang belum pernah dicukur akan terlihat bulu-bulunya halus dan memanjang

    Kalau yang sudah pernah dicukur akan terlihat tebal, diameter bulunya lebih besar, agak kasar dan hitam pekat seperti ketek pria di iklan IM3 GROOV3

  39. saya tersentuh dengan doni…

    uhm… sebenernya uda tw hadis ini dulu pas smp lumayan sering cukur tp sma uda ga pernah…

    karena ternyata banyak orang lain yg juga pada cukur… insyaallah cukur deh…

    lagian kaya’e malah ngga sehat membiarkan lebat…

    Islam itu ngga jorok… yg gini ini dibahas biar umatnya dpt petunjuk…

    saya jadi ky dpt hidayah…

    tinggal kitanya… mau menyambut hidayah itu atau ngga… mau dpt petunjuk atau ngga… mau sehat atau sakit… dst…

    mari kita ISLAM-kan hidup kita… jangan masukkan budaya yahudi dan nasrani yg tidak lebih baik dari budaya Islam itu sendiri…

    maaf banyak omong… n_n

  40. benar itu…saya sendiri menjadikan itu sebagai sebuah rutinitas yang terjadwalkan…

    admin:
    dengan melakukan sunnah yang sepele, insya Allah dimudahkan dalam menjalankan sunnah yang besar.

  41. Terimakasih atas infonya, sangat membuka wawasan,… apalagi diperkuat Hadits Shahih
    Syukur Alhamdulillah, sejak kecil saya telah melakukan sunnah memotong kuku tiap hari sebelum melaksanakan Shalat Jum’at dilanjutkan berkhitan

    Menginjak remaja, bulu mulai tumbuh,… awalnya biasa aja, cuek,… akhirnya pertama kali saya melakukan cukur bulu kemaluan waktu SMA kelas 2 dan kontinyu dilakukan setiap dirasa sudah panjang/lebat dengan renmtang waktu 40-60 hari,… syukur alhamdulillah jika hal ini merupakan suatu sunnah, kemudian memendekkan kumis juga udah saya lakukan seperti yang dilakukan khalayak umum

    Dari 5 hal yang termasuk sunnah fitroh tersebut di atas, yang belum Doni lakukan sampai sekarang (kuliah, semester 4; usia >20th) adalah mencukur bulu ketiak, sampai temen bilang gila banget bulu keteknya, lebat tapi tetap bulu asli yang halus (biasanya kalau dah pernah dicukur, bulunya jadi besar-besar dan tebal)… dan disarankan dicabut/dicukur/dipendekkan. Tapi Doni tak hiraukan saran mereka!!! Kita lihat, perbedaan antara yang pernah dicukur dan belum pernah sama sekali. Tapi syukur Alhamdulillah, ketiak Doni gak bau dan mengganggu, terimakasih buat Rexona for Men.

    Karena sekarang udah gede, memotong kuku tak hanya dilakukan tiap Jum’at aja. Tapi 2 kali dalam sepekan, ditambah hari Selasa

  42. Dalam fiqih sebenarnya tidak ada rasa mesti malu, sama seperti kita belajar biologi atau kedokteran.

    Islam datang dengan kelengkapan syariatnya yang bahkan untuk urusan ‘bulu kemaluan’ saja sampai ada perlakuan khususnya dan itulah syariat Islam yang diciptakan untuk mengatur segala urusan manusia demi kebahagiaan dunia dan akhirat.

    Mengenai mencukur bulu kemaluan tentu tak lepas dari kebersihan yang sangat mendapat perhatian dalam Islam.

    Mudah-mudahan dari hal-hal yang terlihat kecil ini jika dibiasakan maka kita dapat terbiasa nantinya untuk mengikuti segala tuntunan-Nya.

    admin:
    Mas sadiq memang sodiq (bener).
    Islam kita lengkap…gak ada agama selengkap Islam.
    Tanda bahwa agama kita memang masih murni dari Allah SWT yang menciptakan manusia dan alam seisinya.

  43. Mulai dari SMP saya melakukan hal terebut mulai dari dada, perut (bagian bawah), kaki, tangan, semua yang ada rambut – rambut pendeknya harus sudah dicukur…

    Lagi pula, kulit kita akan lebih sensitif, kelihatan lebih bersih jika rambut – rambutnya dicukur.

    admin:
    jenggot jangan dicukur ya mas… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s