Pengumuman Kelulusan CPNS Sumut 2010 Menurut Ranking



MEDAN – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprovsu dan Pemkab/Pemko di Sumut harus mengumumkan nama-nama peserta yang lulus seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2010 secara bersamaan, dengan hasil ranking dikeluarkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Harus diumumkan bersamaan. Jangan hanya nama-nama peserta yang lulus saja yang diumumkan, sedangkan hasil ranking PTN disembunyikan,” kata Anggota Komisi A bidang pemerintahan DPRD Sumut, Mulkan Ritonga, pagi ini.

Menurut Mulkan, pengumuman nama-nama peserta yang lulus bersamaan dengan hasil ranking harus dilakukan, agar seleksi CPNS bisa benar-benar transparan. Karena persoalan praktek percaloan dan KKN dalam penerimaan CPNS sudah menjadi sorotan utama di masyarakat Sumut.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Sumut itu menjelaskan, munculnya kecurigaan dalam seleksi CPNS karena yang memiliki kewenangan untuk menentukan nama-nama peserta yang lulus, hanya pemerintah daerah masing-masing berdasarkan hasil ranking dan jumlah formasi CPNS yang sudah tentukan.

Sehingga dengan mengumumkan hasil ranking, masyarakat sendiri sudah bisa menilai jika ada praktek-praktek manipulasi dalam seleksi CPNS. “Bisa langsung dibandingkan. Jika ada masyarakat yang rankingnya rendah tapi lulus, sementara ada yang rankingnya tinggi tapi tidak lulus,” katanya.

Mulkan sendiri sebenarnya yakin Pemprovsu dan Pemkab/Pemko di Sumut bakal mengumumkan hasil ranking bersamaan dengan nama-nama peserta yang lulus. Karena sebelumnya, para kepala daerah (KDh) di Sumut sudah berjanji bahwa pelaksanaan CPNS akan berlangsung bersih dan transparan.

“Janji para KDh itu yang nantinya akan kami (DPRD Sumut -red) tagih. Jika ada panitia seleksi CPNS yang tidak mau mengumumkan hasil ranking dari PTN secara bersamaan dengan pengumuman kelulusan, berarti pelaksanaan CPNS di daerah itu patut dicurigai,” tegasnya.

Menurutnya, masyarakat bisa melaporkan ke Komisi A DPRD Sumut jika ada Pemkab/Pemko yang tidak mau mengumumkan ranking penilaian hasil ujian seleksi CPNS. Dia berjanji, Komisi A DPRD Sumut akan segera mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) CPNS jika memang ada laporan masyarakat soal terjadinya kecurangan.

Sumber:http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=163125:dprd-umumkan-cpns-menurut-ranking&catid=14:medan&Itemid=27

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s