• AYO KITA BERDAKWAH MENJADI UMAT TERBAIK

    Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Ali Imran:110)
  • Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS: Muhammad:7)

  • BISNIS YANG TAK PERNAH RUGI

    Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS: ASHAAF 10-12)
  • Berlomba-Lomba dalam Kebaikan dan Taqwa

    1animated183
  • Jangan Sakiti Saudaramu

    movingfunnypenguins
  • free counters
  • Anda Pengunjung ke:

    • 6,424,713
  • MARI KITA MAKMURKAN MASJID….

    Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS: AT TAUBAH:18)
  • Laman

  • Agustus 2010
    S S R K J S M
    « Jul   Sep »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadhan


Alhamdulillah, sudah beberapa hari kita lewati bulan suci Rahmadhan yang penuh berkah ini. Agar dapat menjalankan ibadah puasa kita mestilah sehat jasmani maupun rohani. Sehingga ibadah kita tidak terhalang oleh kondisi tubuh kita yang mungkin kurang sehat.
Berikut penulis akan memberikan tips-tips yang mungkin berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, sembari memohon kepada Allah SWT, agar tubuh kita tetap sehat agar ibadah puasa kita tidak terganggu, kita mesti berusaha untuk menjaga tubuh kita juga.
Walaupun tips yang penulis sajikan ini kelihatannya umum atau sepele tapi tak ada salahnya jika mengingatkan kembali. Karena kita menyadari bahwa sifat manusia yang penuh lupa dan kadang menganggap sepele hal-hal yang sudah biasa dilakukan yang akhirnya membawa dampak buruk bagi kesehatan kita.
Berikut ini tipsnya:

1. Usahakan selalu makan sahur
Makan sahur walaupun sedikit sangat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan di bulan Ramadhan, kadang kita malas atau tidak berselera makan sahur. Untuk itu makanlah makanan yang memang kita sukai dan jika tida berselera juga makanlah qurma atau sepotong roti.
Jika waktu sudah hampir Imsa’ minumlah segelas teh manis hangat atau segelas susu. Hal ini untuk menjaga stamina dan energy kita selama berpuasa di siang hari.

2. Olah Raga Ringan
Sehabis Sholat subuh tidak dianjurkan tidur lagi, karena dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kepala menjadi pusing. Lakukanlah aktifitas olah raga ringan seperti jalan pagi, joging dan melakukan pekerjaan rumah lainnya. Hal ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan akan meningkatkan stamina di bulan Ramadhan.

3. Tidur Siang Sejenak Sebelum Sholat Zuhur
Tidur Siang sebelum Sholat zuhur dianjurkan sekitar 10 – 15 menit saja.
Tidak dianjurkan tidur siang sampai menjelang Ashar apalagi tidur sampai tertinggal sholat zuhur dan ashar. Laksanakanlah aktifitas seperti biasa, melakukan pekerjaan sehari-hari dikantor maupun ditempat kerja lainnya.

4. Menunggu Berbuka dengan Kegiatan yang Positif
Usahakan sebelum berbuka sudah berada di rumah, berkumpul bersama keluarga sambil menunggu berbuka puasa dengan mengaji A Qur’an, atau mendengar ceramah agama.

5. Berbuka dengan yang Manis
Usahakan makan dan minum makanan yang manis terlebih dahulu saat berbuka puasa, hindari minuman es karena dapat membuat kita menjadi kekenyangan dan masuk angin. Makan dan Minum sekedarnya saja jangan terlalu banyak. kemudian bersiap-siap melaksanakan sholat berjamaah Maghrib. Lebih bagus lagi kita membawa bukaan kita ke Masjid bersama jamaah yang lain berbagi untuk berbuka puasa bersama dan selanjutnya sholat Maghrib berjamaah di Masjid.

6. Makan Malam
Usahakan makan malam setelah sholat maghrib, tapi ingat jangan terlalu kenyang karena akan menyebabkan malas untuk melaksanakan ibadah Sholat Isya dan Terawih di Masjid.

Demikian tips ini semoga bermanfaat bagi para pembaca dan juga saya.

2 Tanggapan

  1. makasih mas tips nya…
    moga bisa kita laksanakan dan puasa kita akan lulus…amiin.

    salam

  2. wah…makasi infonya yah…semoga puasanya lancar-lancar aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: