Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadhan


Alhamdulillah, sudah beberapa hari kita lewati bulan suci Rahmadhan yang penuh berkah ini. Agar dapat menjalankan ibadah puasa kita mestilah sehat jasmani maupun rohani. Sehingga ibadah kita tidak terhalang oleh kondisi tubuh kita yang mungkin kurang sehat.
Berikut penulis akan memberikan tips-tips yang mungkin berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, sembari memohon kepada Allah SWT, agar tubuh kita tetap sehat agar ibadah puasa kita tidak terganggu, kita mesti berusaha untuk menjaga tubuh kita juga.
Walaupun tips yang penulis sajikan ini kelihatannya umum atau sepele tapi tak ada salahnya jika mengingatkan kembali. Karena kita menyadari bahwa sifat manusia yang penuh lupa dan kadang menganggap sepele hal-hal yang sudah biasa dilakukan yang akhirnya membawa dampak buruk bagi kesehatan kita.
Berikut ini tipsnya:

1. Usahakan selalu makan sahur
Makan sahur walaupun sedikit sangat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan di bulan Ramadhan, kadang kita malas atau tidak berselera makan sahur. Untuk itu makanlah makanan yang memang kita sukai dan jika tida berselera juga makanlah qurma atau sepotong roti.
Jika waktu sudah hampir Imsa’ minumlah segelas teh manis hangat atau segelas susu. Hal ini untuk menjaga stamina dan energy kita selama berpuasa di siang hari.

2. Olah Raga Ringan
Sehabis Sholat subuh tidak dianjurkan tidur lagi, karena dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kepala menjadi pusing. Lakukanlah aktifitas olah raga ringan seperti jalan pagi, joging dan melakukan pekerjaan rumah lainnya. Hal ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan akan meningkatkan stamina di bulan Ramadhan.

3. Tidur Siang Sejenak Sebelum Sholat Zuhur
Tidur Siang sebelum Sholat zuhur dianjurkan sekitar 10 – 15 menit saja.
Tidak dianjurkan tidur siang sampai menjelang Ashar apalagi tidur sampai tertinggal sholat zuhur dan ashar. Laksanakanlah aktifitas seperti biasa, melakukan pekerjaan sehari-hari dikantor maupun ditempat kerja lainnya.

4. Menunggu Berbuka dengan Kegiatan yang Positif
Usahakan sebelum berbuka sudah berada di rumah, berkumpul bersama keluarga sambil menunggu berbuka puasa dengan mengaji A Qur’an, atau mendengar ceramah agama.

5. Berbuka dengan yang Manis
Usahakan makan dan minum makanan yang manis terlebih dahulu saat berbuka puasa, hindari minuman es karena dapat membuat kita menjadi kekenyangan dan masuk angin. Makan dan Minum sekedarnya saja jangan terlalu banyak. kemudian bersiap-siap melaksanakan sholat berjamaah Maghrib. Lebih bagus lagi kita membawa bukaan kita ke Masjid bersama jamaah yang lain berbagi untuk berbuka puasa bersama dan selanjutnya sholat Maghrib berjamaah di Masjid.

6. Makan Malam
Usahakan makan malam setelah sholat maghrib, tapi ingat jangan terlalu kenyang karena akan menyebabkan malas untuk melaksanakan ibadah Sholat Isya dan Terawih di Masjid.

Demikian tips ini semoga bermanfaat bagi para pembaca dan juga saya.

2 tanggapan untuk “Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s