Alhamdulillah …Masjid Pertama Segera Berdiri di Inuvik, Kutub Utara (With Pict)


WINNIPEG–Upaya gigih badan amal Muslim Manitoba, Kutub Utara, membuahkan hasil. Dalam waktu dekat, sebuah masjid bakal berdiri di wilayah ini. Inilah masjid pertama yang bakal berdiri, setelah lebih dari seabad kehadiran islam di wilayah Inuvik, wilayah paling utara Kanada ini.

Adalah The Zubaidah Tallab Foundation yang dibentuk pada tahun 2007 yang mendorong upaya pendirian masjid yang nantinya akan bertempat di kota Thompson ini. Organisasi ini memang rajin menggalang dana untuk membangun rumah-rumah ibadah — selama ini menempel pada gedung atau di rumah-rumah warga — bagi 100 komunitas Muslim di Kutub Utara.

General Manager yayasan, Hussain Guisti, menyatakan organisasinya berhasil mengantongi dana 271 ribu dolar AS untuk pembangunan Masjid Inuvik ini. Bantuan terakhir datang dari masyarakat setempat yang menyatakan dukungan dan siap membantu pada Januari 2009.

Desain masjid ini nantinya akan dibuat dengan bentuk yang unik; didirikan di atas padang tundra dengan konstruksi mutakhir. Material akan diangkut dengan perahu tongkang menyusuri sungai Mackenzie.

Yayasan ini menyatakan masih memerlukan dana dalam jumlah lebih besar untuk penyelesaian masjid, namun Guisti yakin kumonitas Muslim akan bahu-membahu menyelesaikannya. Nantinya, masjid itu akan dikelola oleh komunitas Muslim setempat.

“Ini sangat penting bagi mereka,” kata Guisti. “Mereka benar-benar membutuhkan sebuah masjid.”

Selama ini, sebuah trailer dengan kontainer seluas 14 kaki persegi difungsikan sebagai masjid, namun makin lama makin tak bisa mengakomodasi seluruh jamaah. Nantinya, masjid baru selain difungsikan sebagai tempat ibadah juga bisa dimanfaatkan sebagai gedung pertemuan warga dengan daya tampung hingga 3.500 orang.
Red: Siwi Tri Puji.B
Sumber: CBC News

sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/10/04/26/113024-masjid-pertama-segera-berdiri-di-inuvik-kutub-utara

14 tanggapan untuk “Alhamdulillah …Masjid Pertama Segera Berdiri di Inuvik, Kutub Utara (With Pict)

  1. yang norak merasa dirinya bukan muslim kali yak??!! salah satu bentuk kemudahan bagi yang merasa dirinya muslim dan menjalankan salah satu kewajibannya yaitu shalat..

  2. Bagus.
    yang lebih enting lagi mengisi mesjid nya dengan iman dan taqwa.
    apakah disana akan terpenuhi ….? mudah-muadahan benar. amin..
    bagaimana dengan mesjid didaerah kita indonesia. gampang dibangun, namun tidak gampang membangun orang untuk shalat. benarkan…?
    mari kita cari solusi bersama.

  3. bukan norak!! berpikirlah positif.. muslim atau bukan itu merupakan suatu pmbngunan.. saya pun mendukung bila itu mrupakan kebaikan. jngn karna SARA kita menjdi benci atau tak pduli. slma itu baik.. dukunglah.. alangkah indahnya jika kita rukun tanpa di batasi oleh perbedaan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s