Rusuh Peggusuran Makam Mbah Priok


Makam Mbah Priok Akan Digusur, Puluhan Santri Berjaga dengan Senjata Tajam

(Vibizdaily-Nasional)Makam Mbah Priok di Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara, akan digusur oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Puluhan santri pun berjaga dengan senjata tajam.

“Ya benar suratnya instruksi gubernur untuk pemindahan makam. Sekarang kita lagi berjaga-jaga,” ujar pengurus makam Mbah Priok, Habib Ali, di Koja, Kamis (4/3/2010).

Menurut Habib Ali, semenjak datangnya surat instruksi gubernur tersebut, warga dan santri siap mengorbankan nyawa agar makam Mbak Priok tidak digusur.

“Senjata tajam kita punya untuk melindungi lokasi kita, tanah kita,” katanya.

Beberapa kalangan dari luar semisal FPI, FBR, sejumlah penganut Buddha dan warga Tianghoa juga siap membantu mempertahankan makam Mbah Priok.

“Kalau dipindahkan kita tidak mau dan tidak rela. Makam ini jiga punya nilai sejarah,” jelasnya.

Habib Ali mencurigai ada pihak dari pelabuhan yang sudah sangat lama ingin memindahkan makam Mbah Priok dari wilayah pelabuhan.

“Ini pasti dari orang-orang pelabuhan. Sampai saat ini kita masih berjaga, belum tahu apa dilakukan penggusuran,” kata dia.

Mbah Priok atau Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad adalah penyebar agama Islam di Jakarta Utara pada abad ke-18. Mbah Priok terkait erat dengan sejarah Jakarta. Namanya menjadi asal mula daerah Tanjung Priok yang kita kenal sekarang.

sumber : vibizdaily

Iklan

7 tanggapan untuk “Rusuh Peggusuran Makam Mbah Priok

  1. semua sama-sama ga ada untungnya. baik satpol PP maupun rakyat sipil. kekerasan yang diutamakan, tanpa budaya berpikir terlebih dahulu. gimana nasib kkedua keluarga yang meninggal, baik istri, anak-anaknya. padahal semua adalah sama-sama muslim, kenapa kok jadi saling bunuh-membunuh…
    adalah haram bagi muslim baik hartanya, kehormatannya dan darahnya.
    kalau hanya kuburan manusia kan bisa dipindahkan. kuburan kan mengingatkan kita bahwa kita nantinya juga akan meninggal. hanya amal ibadah yang akan menjadi pegangan kita di akhirat. kalau kita menghormati mbah priok alangkah baiknya ajaran beliau yang sesuai ajaran islam yang kita contoh. bukan kayak kejadian di priok seperti ini. semoga saudara-saudara bisa berpikir jernih……

  2. masyaallah. kalau makam habib hasan Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad sampai digusur, Jangan salahkan kalau bencana besar melanda jakarta. Ingat beliau adalah kekasih Allah..

    Allah akan bersikap adil bagi kekasihnya yang dizholimi. saya bersama rekan-rekan dari Majelis Rasulullah pimpinan Habib Munzir Bin Fuad Al_musawa, kami akan turun membela hak kekasih Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s