• AYO KITA BERDAKWAH MENJADI UMAT TERBAIK

    Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Ali Imran:110)
  • Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS: Muhammad:7)

  • BISNIS YANG TAK PERNAH RUGI

    Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS: ASHAAF 10-12)
  • Berlomba-Lomba dalam Kebaikan dan Taqwa

    1animated183
  • Jangan Sakiti Saudaramu

    movingfunnypenguins
  • free counters
  • Anda Pengunjung ke:

    • 6,424,376
  • MARI KITA MAKMURKAN MASJID….

    Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS: AT TAUBAH:18)
  • Laman

  • Februari 2010
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728

Akhirnya Ilmuwan Inggris Mengungkapkan Rahasia Sejarah Islam…


Dia dari Leeds. Dia menutup diri dari masyarakat sendiri. Teman-temannya meyakinkan dia untuk datang dan melihat pameran. Dia datang, melihat alat yang telah kami bentuk ulang, dia membaca buku itu selama sekitar dua jam.

Pada akhirnya ia menemukan sebuah kursi di aula dan berdiri di atas kursi itu dan berkata. “Akhirnya saya ada sesuatu yang bisa aku banggakan.” Akhirnya anak itu berkata, “Sekarang saya merasa saya menjadi manusia!” katanya. Bagi banyak orang buku ini hanya buku biasa, tetapi bagi banyak anak muda Muslim ini adalah identitas baru yang bisa mereka banggakan.”

Profesor Salim al-Hassani dari Yayasan Sains, Teknologi dan peradaban (Foundation of Science, Technology and Civilization – FSTC) sedang menceritakan tentang anak muda Pakistan yang lahir dan dididik di Inggris Raya dan telah menderita perasaan keterbelakangan, kebencian pada diri sendiri, sebuah krisis identitas dan tersesat diantara kelompoknya. Buku yang menolongnya dari anggapan ketidakberartian yang dirasakannya ini diberi judul “1001 penemuan: Warisan Muslim di Dunia Kami.” Buku itu tidak ditulis untuk membantu anak muda Muslim yang putus asa. Sebaliknya, ini dilakukan sebagai bagian dari proyek FSTC pada sejarah ilmu yang mencoba untuk memberi cahaya pada “zaman kegelapan” sejarah ilmiah Barat.

“Dalam buku-buku sejarah ilmiah populer kami ada perbedaan seribu tahun. Sejarah ilmu seperti yang ditulis oleh para akademisi Barat melupakan kontribusi Islam terhadap sains. Anda tidak menemukan apa-apa sebelum abad15, sampai pada masa Yunani, “jelas al-Hassani. Sekitar 14 tahun yang lalu pengamatan ini memaksa dia dan kelompok relawan untuk memulai studi mereka dalam rangka untuk mengisi kesenjangan itu. “Sekitar 10 tahun yang lalu kami mendirikan yayasan yang telah melahirkan buku ini dan pameran yang terkait,” ujar al-Hassani.

Hari ini FSTC terdiri dari sekitar 60 ilmuwan. Sekitar 15 orang bekerja penuh waktu, sekitar 15 paruh waktu dan sisanya adalah sukarelawan. Orang-orang ini bekerja pada manuskrip asli dari ilmuwan Muslim atau ilmuwan yang hidup dalam lingkungan budaya Muslim, merombak penemuan mereka secara digital, dan jika dimungkinkan, membuat ukuran model nyata darimereka. Setelah 14 tahun bekerja sama dengan sekitar 15 orang yang bekerja sepanjang jam, FSTC yang telah mengumpulkan jumlah informasi ilmiah yang cukup mengesankan tentang inovasi yang diperkenalkan oleh peradaban Islam. Meski demikian, al-Hassani percaya bahwa mereka hanya mendapatkan sedikit. “Ketika kami meminta para ahli manuskrip, mereka mengatakan bahwa ada minimal 5 juta manuskrip di arsip dunia. Hanya 50.000 dari mereka telah dikerjakan sampai sekarang. Dengan cara ini kami dapat menemukan nama baru, bahkan ilmu baru, “katanya kepada Sunday Zaman.

Karena al-Hassani sendiri adalah seorang insinyur mekanik, inti dari pekerjaan yang telah dilakukan yayasan sampai sekarang telah terkonsentrasi pada penemuan mekanis. Sebuah jam yang ditemukan oleh Al-Jazari pada abad ke-13, yang disebut Jam Gajah, menarik perhatian dari grup al-Hassani karena tidak hanya menunjukkan waktu jam, tetapi ia juga mengumpulkan simbol budaya politik dari semua ada peradaban di era itu. “Al-Jazari tinggal di Anatolia timur, namun ia tidak menggunakan sapi sebagai simbol, tetapi sebuah gajah. Gajah yang merupakan simbol peradaban Afrika. Al-Jazari menempatkan karpet di gajah; ini adalah peradaban dari Iran. Dia menggunakan Cina naga dalam mekanisme jam. Dia memiliki phoenix di bagian atas jam, berputar dan bernyanyi setiap setengah jam. Phoenix merupakan simbol dari peradaban Firaun.Serban dari robot otomatis Saladin melambangkan tradisi muslim, dan pengerjaan air di dalam tubuh gajah menggunakan Prinsip Archimedes, sehingga mengingatkan kita pada peradaban Yunani, “ujar al-Hassani. Dia mengingat ketika ia memberitahu mantan menteri luar negeri AS Condoleezza Rice tentang pendekatan multiperadaban ini, Rice menjawab melalui ilmu al-Hassani dan grupnya telah membuat sebuah daerah baru untuk dialog. “Ini bukan politik, maupun keagamaan. Ini adalah zona netral dari ilmu pengetahuan, “ia menambahkan.

1001 penemuan vs 1001 Malam

Buku dan pameran yang disiapkan oleh FSTC tidak menutupi 1001 penemuan. Jumlah itu telah dipilih sebagai penangkal argumen persepsi Barat terhadap Islam yang mengingat bahwa cerita dari 1001 malam, dan tarian oriental Aladdin dan lampu sihir setiap kali kata Islam diucapkan. “Kami ingin menunjukkan bahwa Islam memiliki 1001 hal lainnya yang merupakan tongak dari peradaban kita saat ini,” ujar al-Hassani. Buku ini memperkenalkan nama seperti Abbas ibn Firnas (d. 887) yang menghasilkan mesin terbang yang pertama, al-Jazari (d. abad ke-13) yang memproduksi Jam Gajah mekanik dan perangkat lainnya, Al-Kindi (d. 873) yang menulis 361 bekerja pada berbagai mata pelajaran termasuk kimia, logika, musik dan astronomi, Fatima Al-Fihri (d. 841), seorang ilmuwan perempuan yang mendirikan salah satu perguruan tinggi di era klasik, Ibnu al-Haitham (d. 1039) yang menulis prinsip optik dan menemukan kamera fotografi, Master Arsitek Mimar Sinan (d. 1588), yang membangun gedung-gedung yang paling megah di negara Turki, dan Cheng Ho (d. 1433), Admiral Cina-Mongol Muslim yang membangun salah satu armada militer terbesar dalam sejarah manusia.

Yayasan ini tidak hanya menerbitkan buku. Mereka juga mengirimkan buku ke sekolah-sekolah tinggi di seluruh dunia secara gratis ketika dapat mencari pendanaan yang diperlukan. Sampai sekarang yayasan tersebut telah mengirim lebih dari 6.500 buku ke sekolah di Inggris Raya. Mereka ingin mencapai lebih banyak sekolah. Buku itu disertai dengan poster yang digunakan sebagai bahan pendidikan. Al-Hassani meminta donor yang tertarik untuk mengunjungi 1001inventions.com untuk mengetahui bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk usaha ini. Buku dan materi yang sedang diterjemahkan ke dalam sembilan bahasa, termasuk Eropa dan juga bahasa Melayu, Arab dan Turki. Yang versi Turki akan segera di cetak, dan akan menjadi sedikit lebih tebal daripada yang asli karena ada penambahan tentang Turki dan kontribusiny terhadap sains. Professsor al-Hassani berharap untuk menerjemahkan bahan ke China juga, tetapi pertama dia ingin memulai proyek lain yang akan mewakili kontribusi ilmuwan dari Cina ke peradaban. “kontribusi orang Cina diabaikan juga. Kita harus mengajar anak-anak kita bahwa kita mengambil kertas dari Cina. Kita harus mengajarkan mereka tentang kapal yang luar biasa yang dibangun Cheng Ho. Masing-masing besranya sama dengan stadion sepak bola, Anda tahu, “ia menjelaskan.

1001 Olahraga

Walaupun al-Hassani cukup puas dengan kerja timnya yang mengadakan proyek 1001, ia berpikir bahwa sains hanya satu daerah di mana kontribusi dari negara-negara Timur harus didengarkan. “Kami telah memulai sebuah proyek baru dalam warisan olahraga Muslim,” ujarnya. Dia mengatakan bahwa polo, “Olahraga kerajaan,” pertama kali ditemukan oleh seorang Muslim di dinasti di Persia. Al-Hassani mengatakan: “Ketika mereka mulai permainan ini, laki-laki dan perempuan bermain bersama. Kami telah menunjukkan manuskrip laki-laki dan perempuan diatas kuda dan bermain bersama. Ini memiliki dua elemen penting: Satu; asal permainan. Kedua, perempuan telah menjadi bagian dari permainan. Lama sebelum perempuan di Eropa dianggap memiliki jiwa, mereka adalah bagian dari kegiatan olahraga di dunia Muslim,” ia menjelaskan. Ia berharap mereka akan siap untuk pameran 1001 Olahraga pada Olimpiade London 2012 tentang kontribusi Muslim terhadap sejarah olahraga.

“Satu hal penting adalah bahwa ini berkaitan dengan karakteristik Muslim. Pengembangan ilmu pengetahuan, olahraga dan seni di dunia Muslim itu bukan kebetulan. Itu adalah hasil dari pemahaman Muslim di dunia,” ujarnya dan dengan menggunakan permainan kata: “Istilah Arab untuk olahraga adalah ‘riyazah’. Tetapi riyazah bukan berarti hanya pelatihan tubuh, tetapi juga ‘Nafsu. Sufi menggunakan istilah riyazah untuk masa istirahat dari kehidupan duniawi dan puasa. Namun istilah ini digunakan juga untuk matematika: riyaziyat. Mengapa? Karena matematika adalah latihan dari pikiran. Jadi riyazah dalam tradisi Muslim memiliki tiga dimensi: tubuh, pikiran dan hati. Ini adalah pendekatan holistik di balik semua penemuan dari para ilmuwan Muslim.” (iw/sz)

Ini Videonya

sumber: http://www.suaramedia.com/sejarah/sejarah-islam/16601-ilmuwan-inggris-ungkap-rahasia-sejarah-islam.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: