Penyakit Aneh: Perut Rival Membusung bak Ibu Hamil


BATAM, KOMPAS.com — Memilukan! Itulah kesan pertama yang muncul saat Tribun melihat kondisi Rinanda Rival Rinata (2) di rumahnya, Kampung Tengah, RT 2 RW 2 Nomor 69, Kelurahan Lubuk Semut, Kecamatan Karimun, Kamis (28/1/2010).

Rival yang baru saja dimandikan neneknya tampak seperti anak-anak lain. Dari bibirnya, ia bisa bicara satu atau dua kata. Ia tak ubahnya anak-anak seusianya yang baru pandai berjalan.

Namun, ada yang berbeda saat melihat perutnya. Membusung. Ukurannya sangat besar, jauh melebihi tubuhnya. Bahkan, balita berkulit putih bersih itu terlihat seperti seorang ibu yang tengah hamil tua.

Namun, bungsu dari tiga bersaudara suami-istri Mazlan (41) dan Efriyana (39) itu tidak mengalami busung lapar seperti layaknya bayi yang mengalami kekurangan energi protein.

Pihak medis mengatakan, Rival mengidap penyakit megacolon atau penyempitan usus yang mengakibatkan proses pencernaan terganggu.

Dalam ilmu kedokteran, megacolon disebut juga dilatasi abnormal pada usus besar. Dilatasi ini mengakibatkan terjadinya kelumpuhan pada gerakan usus.

Kotoran pun menjadi keras dan menumpuk pada usus besar ini sehingga bisa mengakibatkan fecalomas atau disebut juga tumor tinja. (rachta yahya)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s