CPNS Pemprovsu Rawan, CPNS Binjai Pavoritkan Guru


MEDAN-BANYAKNYA kesalahan saat pengiriman lamaran melalui kantor pos, membuat banyak CPNS Pemprovsu rawan atau terancam gugur. Sementara di Binjai, lowongan tenaga pengajar paling banyak peminat alias favorit.

Meski lamaran CPNS sudah seminggu dibuka, namun masih banyak pelamar Pemprovsu yang melakukan kesalahan fatal. Salah satunya adalah tidak disertakannya transkrip nilai ijazah.

Kesalahan itu dibenarkan Kabag Pembinaan dan pengadaan BKD Pemprovsu, Pandapotan Siregar, kemarin (6/11). Menurutnya, transkrip nilai merupakan syarat mutlak yang harus dilampirkan pada berkas lamaran. “Saya juga sangat heran. Kenapa masih terjadi kesalahan. Padahal, sejak awal sudah jelas diumumkan persaratan penerimaan CPNS ini,” imbuhnya. “Transkrip nilai harus ada, itu sudah syarat mutlak selain fotokopi ijazah,” terangnya.

Untuk itu, Pandapotan menyarankan para pelamar harus lebih jeli dalam mengisi dan membubuhkan syarat-syarat. Jika tidak, pelamar harus mengulang pengiriman kembali. “Kan kalau mengirim ulang yang capek mereka. Makanya hati-hati mengisi lamaran, karena syarat sudah tertera,” pesannya seraya mengungkapkan, sejauh ini sudah 9700 lamaran yang masuk ke Pemporvsu. Sediktinya 100 pelamar diketahui salah dalam memberikan lamaran.

Jika CPNS identik dengan salah pengiriman, lain halnya dengan di Binjai. Menjelang berakhirnya pekan pertama pendaftaran, jumlah pendaftar menunjukkan pengurangan. Hal itu terlihat jelas di GOR Binjai, Jl. Jambi, Kel. Rambung Barat, Kec. Binjai Selatan, Binjai, kemarin (6/11).

Berdasarkan Keputusan Walikota Binjai, H. M. Ali Umri,SH,MKn, Nomor 810-1361/K/2009 tanggal 21 Oktober 2009 tentang penetapan Formasi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD), Binjai menerima 428 PNS yang terdiri dari 163 orang tenaga guru, 131 orang tenaga kesehatan, dan 134 orang tenaga teknis lainnya. Hingga kemarin, pelamar mencapai 3000 orang. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Langkat, Medan, Serdang Bedagai bahkan dari luar provinsi. Pada POSMETRO MEDAN, beberapa CPNS mengaku lebih meminati lowongan tenaga guru. Menurut mereka, peluang lulus di bidang ini lebih besar.

“Saya datang dari luar Kota Binjai. Kami datang karena mengetahui ada lowongan tenaga guru. Kami tamatan dari PGSD. Semoga pihak Pemko Binjai mampu menyelenggarakan seleksi dengan bersih dan transfaran, tidak ada permainan,” ujar Vivi (23) warga Kandis, Pekanbaru, alumni FKIP UMSU Medan. Hal serupa juga dikatakan Dian (23) warga Jalan Medan-Binjai. Menurutnya, jika seleksi berjalan jujur maka peluang cukup besar. Hanya saja dirinya masih ragu. Pasalnya, saat ini isu suap sudah terhembus kuat di sana.

“Peran uang untuk lulus CPNS memang tidak bisa dipungkiri. Tapi seperti kami ini, hanya bisa berharap. Ya namanya juga adu nasib dan coba-coba. Kalau lulus alhamdulillah,” ketusnya.

Kepala Bidang Kepegawaian, Bahren mengatakan, hingga memasuki minggu kedua pendaftar mencapai 3000 orang dan formasi yang paling diminati pelamar adalah guru. “Kalau hingga Kamis lalu, pelamar berjumlah 2387 orang. Kalau digabungkan dengan yang hari Jum’at pelamar sudah mencapai 3000 orang lebih,” ungkapnya. Kabag Humas Pemko Binjai, Asnawi menambahkan, untuk Pemko Binjai berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 500.P/M.PAN/9/2009 tanggal 25 September 2009, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari pelamar umum yang diterima sebanyak 428 orang.

“Pendaftaran akan berakhir 13 November 2009, sedangkan pengambilan nomor ujian dan pengisian pelamar tanggal 23-24 November 2009 di GOR” jelasnya Nawi.(kali/aswin)

Iklan

Satu tanggapan untuk “CPNS Pemprovsu Rawan, CPNS Binjai Pavoritkan Guru

  1. Boss tukeran link yuk, link nya dah saya pasang di blog saya, please link baliknya ya boss 🙂 salam kenal dan sukses selalu.

    h**p://disnakbengkulu.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s