Trik Cepat Usir Masuk Angin


Di saat musim pancaroba yang memasuki musim hujan, seperti sekarang ini, kata masuk angin menjadi familiar di telinga kita, Tapi, sebenarnya apa sih, masuk angin itu?

Hingga saat ini belum ada penjelasan secara medis tentang apa itu masuk angin. Kata masuk angin sendiri muncul dari persepsi masyarakat yang mengkondisikan, ada angin yang masuk ke dalam tubuh dengan gejala perut kembung, badan meriang, demam, flu  dan sakit kepala akibat cuaca dingin.

Cuaca dingin bisa mengakibatkan “perlambatan dari gerak peristaltik saluran cerna”, sehingga gas yang ada di saluran cerna tertampung dan membuat perut kita menjadi kembung. 

Selain itu cuaca dingin juga mengakibatkan rambut-rambut sel di saluran pernafasan kita lambat untuk bergerak padahal fungsi pergerakan tersebut adalah untuk mengeluarkan lendir, bakteri dan virus. Akibat dari gangguan fungsi rambut-rambut di saluran nafas ini kita akan mudah terkena infeksi saluran nafas, seperti batuk dan pilek.

Untuk mengatasi gejala masuk angin, dianjurkan agar mengkonsumsi minuman dan makanan hangat seperti wedang jahe, teh hangat, sup kaldu ayam dan sup krim jamur serta jangan lupa istirahat cukup dan minum obat flu.

Biasanya jika terserang masuk angin kondisi badan pun menjadi lemah dan rawan dehidrasi. Oleh sebab itu perbanyak minum air putih dan air lemon hangat yang dapat melegakan tenggorokan yang terganggu.  Jika dalam 3 hari kondisi badan Anda tidak kunjung sembuh segeralah periksakan kondisi Anda ke dokter.

• VIVAnews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s