Awasi Jajanan Anak Anda


Sekjen Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait mengatakan, pihak sekolah ataupun orangtua harus memberikan perhatian lebih pada jajanan anak mengingat banyak jajanan yang tidak berkualitas di sekitar sekolah. “Harus diperhatikan, karena sudah memasuki ajaran baru,” katanya kepada Kompas.com di Kantor Komnas PA Jakarta, Senin (13/7).

Setiap hari, menurut Arist, orangtua harus memberikan ekstra waktu untuk menyiapkan bekal anak sehingga meminimalkan jajan. “Bisa membuatkan jajanan yang lagi tren dengan bahan higienis,” ucapnya.

Aris mengatakan, 80 persen sekolah di Indonesia saat ini belum mempunyai kantin yang baik sehingga akan mengancam bagi kesehatan anak, khususnya di tingkat SD. “Kami menerima banyak kasus keracunan akibat jajanan anak. Paling banyak jajanan yang tidak jelas di daerah-daerah,” kata Arist.

Selain keracunan, lanjutnya, jangka panjang dari jajanan yang tidak sehat tersebut akan mengakibatkan degradasi intelektual pada anak akibat zat-zat berbahaya yang menyerang otak.

Oleh karena itu, kata Arist, setiap sekolah seharusnya membangun kantin higienis serta mengatur jarak yang jauh antara sekolah dan para pedagang. “Melarang pedagang berjualan akan menjadi persoalan. Sebaiknya sekolah mengontrol langsung kualitas makanan yang dijual para pedagang,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, untuk meminimalkan dampak jajanan, bisa dibuat kesepakatan antara guru, orangtua, serta murid agar anak tidak keluar dari area sekolah selama kegiatan sekolah. “Badan POM juga harus mengatur jajanan yang beredar di sekitar sekolah,” tegasnya.
Sumber: kompas.com

3 tanggapan untuk “Awasi Jajanan Anak Anda

  1. Lalu gimana kita bisa memilih jajanan yg pantas d konsumsi dan yg tidak ?

    Salam kenal (^_^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s