Polres Kupang Tangkap Pimpinan Aliran Sesat


Polresta Kupang, NTT, menahan Nimbrot Lasbau yang diduga kuat pimpinan aliran sesat Sion Kota Alak yang bermarkas di Kecamatan Alak, Kota Kupang.

“Ia (pimpinan aliran sesat) melarang seluruh pengikutnya yang berjumlah 11 orang ke gereja. Atas dasar itu, mulai hari ini saya keluarkan perintah penahanan kepada pimpinan sekte Sion Kota Alak tersebut,” kata Kapolresta Kupang Hery Sulistianto di Kupang, Senin.

Menurut dia, ajaran agama yang diwartakan Nimbrot hanya berpedoman pada pasal-pasal Yeremia yang termuat dalam Alkitab, yang antara lain menyebutkan pimpinan sekte itu disebut sebagai anak domba dan para pengikutnya menggunakan nama-nama nabi pada zaman dulu, seperti Yohanes, Yusuf, dan nama-nama malaikat serta nama-nama imam besar.

Bahkan, kata Kapolresta Kupang, Nimbrot melarang seluruh pengikutnya ke gereja hingga Agustus 2011, tidak boleh melayat ke tempat duka karena dalam pandangan mereka, biarlah orang mati mengurus orang mati, bukan orang hidup mengurus orang mati.

Selain itu, perjamuan kudus yang dilakukan oleh Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT), menurut Nimbrot tidak sesuai dengan ajaran agama karena roti dan anggur hanya digunakan sebagai lambang. “Menurut Nimbrot, roti yang digunakan harus roti sahabat,” kata Kapolresta mengutip keterangan Nimbrot tanpa menjelaskan apa yang disebut sebagai roti sahabat.

Ia menambahkan, pemberkatan nikah di gereja juga dianggap tidak tepat karena gereja digunakan sebagai tempat ibadah, bukan untuk kegiatan lainnya. Sejauh ini, kata Hery, polresta telah menyita sejumlah barang bukti, berupa tujuh jubah yang biasa digunakan untuk beribadah dengan berbabagai corak warna seperti kuning, hijau, putih, biru, coklat, dan ungu, serta enam buah selempang yang digunakan sebagai ikat pinggang, dua buah Alkitab, dua buah buku pujian dan buku kidung jemaat.

Hery menambahkan, saat ini polisi sedang memproses pimpinan sekte itu, sedangkan 11 pengikutnya yang ikut ditangkap, Minggu (31/5), tidak diproses karena mereka mengaku hanya ikut apa yang diajarkan oleh Nimbrot.

Nimbrot diancam hukuman lima tahun penjara, atas sangkaan melanggar Pasal 156 KUHP tentang aliran sesat.

ABI
Sumber : Ant

Iklan

Satu tanggapan untuk “Polres Kupang Tangkap Pimpinan Aliran Sesat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s