VIDEO GEMPA HEBAT HANCURKAN KOTA DEKAT ROMA ITALIA


L’AQUILA — Gempa bumi berkekuatan 6.3 skala richter mengguncang kota L’aquila yang berjarak 95 km arah timur laut dari Roma, Italia, Senin (6/4) pagi. Gempa berkedalaman 10 km ini menyebabkan paling tidak 16 orang tewas dan 3 ribu hingga 10 ribu gedung rusak serta ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Menurut BBC, banyak bangunan tua yang runtuh akibat digoyang gempa. L’aquila merupakan kota tua zaman pertengahan di mana banyak bangunan tua berdiri. Kota ini dihuni oleh sekitar 70 ribu orang yang merupakan ibu kota wilayah berpegunungan, Abruzzo. Gempa menyebabkan warga berhamburan ke jalan dan berupaya mencari tempat lebih aman. ”Ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Kepanikan melanda warga namun tim penyelamat telah berada di lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan,” kata seorang pejabat perlindungan warga sipil, Agostino Miozzo. Ia menyatakan jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat seiring upaya tim penyelemat mencari korban di bawa reruntuhan. Wali Kota L’aquila, Massimmo Cialente, mengatakan sekitar 100 ribu orang kehilangan rumah mereka. Bangunan-bangunan tua bersejarah juga mengalami kerusakan akibat gempa tersebut Gempa Guncang Italia Ribuan Gedung Hancur. ”Suasananya sangat serius karena gempa telah merusak banyak bangunan,” kata Juru Bicara Departemen Perlindungan warga Sipil, Luca Spoletini. Gempa berkekuatan besar jarang terjadi di Italia. Pada 2002, gempa yang terjadi di kota San Giulino di Puglia, sebelah selatan wilayah Italia menewaskan lebih dari 20 orang. Pada 1997, gempa berkekuatan besar juga melanda bagian tengah Italia. Gempa tersebut menewaskan 13 orang. – REPUBLIKA

Usaha penyelamatan yang dramatik, terasa begitu emosional saat pekerja berhasil menarik pria ini dari reruntuhan, setelah gempa bumi meluluh-lantakkan Italia tengah, Senin (6/4).

Gempa terjadi pada pukul 03:30 pagi waktu setempat, saat sebagian masih tertidur lelap. Menjelang fajar di L’Aquilia, pusat terjadinya gempa, tim penyelamat masih terus mencari korban selamat.

Terdapat sekitar 4 ribu anggota tim penyelamat yang bekerja membersihkan puing-puing.

Menurut badan geologi AS, kekuatan gempa mencapai 6,3 skala richter, sedang menurut pakar Italia, kekuatan gempa adalah 5,8 skala richter.

Sementara itu, ucapan belasungkawa datang dari seluruh belahan dunia, termasuk dari Presiden AS Barack Obama, yang sedang berada di Turki.

150 orang tewas dan 1500 orang luka-luka (teksnya aku ganti mbak Maya, biar ada data korban tewas).

Petugas memperkirakan, 10 s/d 15 ribu bangunan rusak. Gempa ini merupakan yang terburuk di Italia dalam 30 tahun terakhir.

Sumber: Associated Press/Penerjemah: Dhika/Text Editor: Dhika/VO: Maya/Video Editor: Uce

Original Source : Associated Press (AP)

Associated Press (AP) in Indonesia :

Ini Link Videonya…..http://www.kompas-tv.com/content/view/15527/2

2 tanggapan untuk “VIDEO GEMPA HEBAT HANCURKAN KOTA DEKAT ROMA ITALIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s