• AYO KITA BERDAKWAH MENJADI UMAT TERBAIK

    Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Ali Imran:110)
  • Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS: Muhammad:7)

  • BISNIS YANG TAK PERNAH RUGI

    Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS: ASHAAF 10-12)
  • Berlomba-Lomba dalam Kebaikan dan Taqwa

    1animated183
  • Jangan Sakiti Saudaramu

    movingfunnypenguins
  • free counters
  • Anda Pengunjung ke:

    • 6,717,449
  • MARI KITA MAKMURKAN MASJID….

    Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS: AT TAUBAH:18)
  • Laman

  • Maret 2009
    S S R K J S M
    « Feb   Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

TANTANGAN LUAR DALAM BAGI JAMA’AH TABLIGH


Usaha untuk mencari pahala yang besar dengan jalan mengajak manusia ke jalan yang lurus, tidak selamanya berjalan mulus. Tantangan tidak hanya datang dari dalam diri, tapi juga orang lain. Bahkan untuk usaha dakwah Islam seperti yang dilakoni Jamaah Tabligh (JT), tantangan bahkan datang dari organisasi dan pengajian Islam lainnya. Sementara dari keluarga, terkadang masalah istri, mertua dan lainnya dapat menghambat langkah perjuangan.

Dari beberapa literatur yang ada, diketahui kalau Jamaah Tabligh adalah satu gerakan dakwah Islamiyah yang terbuka dan sangat dinamis. Mereka mengambil pedoman utamanya adalah Alquran, Assunnah, hayatush shahabah dan ijma para ulama. Basis gerakan JT ada di masjid dan alur pergerakannya dari masjid ke masjid di seluruh pelosok dunia.

Adapun konsep utama gerakannya adalah hijrah (khuruj) dan nushrah dengan harta dan diri sendiri. Alat bantu dalam memahami dan melakukan dakwah adalah 6 kualitas sahabat Rasulullah dan tempat utama untuk proses pembelajarannya adalah India, Pakistan dan Bangladesh.

Mulanya, gerakan yang bermula dari India ini, tidak memiliki nama. Namun karena kerja mereka menyampaikan agama dan mengajak orang-orang untuk kembali ke jalan Allah SWT, mereka akhirnya digelari dengan sebutan Jamaah Tabligh.

Pelopor dari gerakan dakwah ini adalah syeikh Muhammad Ilyas Kandahlawi (1303-1364 H) dari India. Ia sangat menekankan dakwah secara praktis untuk membangkitkan kesadaran, kepahaman, kemampuan dan kekuatan setiap muslim dalam mengamalkan agama dengan cara yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

JT terbuka bagi semua mahzab, golongan dan aliran dalam Islam. Dikatakan sangat dinamis, karena mobilitasnya yang tinggi, kuat dan menembus hingga ke ujung-ujung dunia. Sebagaimana diakui oleh ulama-ulama dunia yang jujur, JT obyektif dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan politik atau golongan.

Mereka juga tidak membeda-bedakan masjid sebagai tempat ibadah. Pengikut JT shalat di mana azan dikumandangkan, tidak peduli itu masjid atau musalla punya siapa. Mereka berjuang menyebarkan cahaya kebaikan, sebagaimana kaum muhajirin melakukannya pada periode Mekkah dan Madinah dan kaum anshor pada periode Madinah.

JT dalam bersikap, berpedoman pada 6 kualitas (atau enam sifat) sahabat-sahabat Rasulullah SAW. Enam sifat itu adalah La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah, sholat khusyu’ wal khudu, ilmu ma’a dzikir, ikramul muslimin, ikhlasun niyah dan da’wah wat tabligh.

Dipilihnya tiga negara, India, Pakistan dan Bangladesh sebagai tempat belajar agama, karena di tiga negara ini memiliki suasana berbeda. Hingga saat ini, mayoritas penduduk India adalah kaum penyembah banyak tuhan. Sementara mayoritas penduduk Pakistan adalah kaum muslimin dengan bermacam-macam golongan. Sedangkan mayoritas penduduk Bangladesh adalah kaum fakirin dan masakin. Ketiganya mewakili suasana yang dapat menguatkan iman-yakin yang justru sangat diperlukan oleh para da’i dikalangan JT.

Untuk menghalangi gerak JT di suatu daerah, tidak jarang ada pengurus masjid yang menggembok masjid yang seharusnya terbuka untuk siapa saja. Alasannya, masjid tidak boleh dijadikan tempat menginap atau tidur. Secara tidak langsung, pengurus masjid ini menyuruh JT bermalam di hotel. Entah apa yang terjadi, jika ini dituruti. Cemoohan akan meningkat, tentu dengan tuduhan JT memperbaiki dirinya dengan cara bersenang-senang di hotel.

Tudingan buat JT lainnya, terkait dengan hadis-hadis yang mereka amalkan. Tuduhan JT mengambil hadist dhaif yang mana juga diriwatkan oleh banyak ulama, menjadi senjata tajam para ustad pembenci sesama Muslim, kala berceramah di masjid. Mereka sedikitpun tidak mau berargumen, akan baik buruknya hadis yang diperdebatkan.

Tidak bisa ditutupi, bahwa di kalangan JT memang banyak preman yang berhasil ditobatkan. Di antara mereka ada yang kebiasaannya sebelum masuk JT malas bersih-bersih. Gigi mereka kuning, badannya dekil, bajunya kumal, gondrong dan sebagainya. Kepada mereka ini, dijadikan pembenci JT sebagai senjata ampuh untuk menuduh JT sebagai manusia jorok.

Mereka ini tentunya butuh waktu untuk memahami hadis mengenai kebersihan dan keindahan. Bagi kalangan JT sendiri, tidak terlalu dipermasalahkan, asal mereka telah kembali ke jalan Islam. Biasanya, kebisaan buruk anggotanya, diajari dengan cara yang hasan dan perlahan-lahan, sehingga nantinya bisa bersih iman luar dan dalam.

JT juga sering dituding tidak bertanggung jawab pada keluarga. Di mana beberapa kasus menunjukkan, ada anggota JT yang menelantarkan keluarganya karena terlalu bersemangat dalam berdakwah. Orang ini lolos, karena pemimpin rombongan yang tidak arif. Padahal dalam JT, jemaah yang inging khuruj (pergi berdakwah), harus memiliki kecukupan uang untuk diri sendiri dan juga untuk keluarga. Karena itu, mereka senantiasa disarankan untuk menabung.

Entah apa jadinya, jika orang-orang yang sinis dengan masalah meninggalkan anak istri ini, disodorkan kepadanya kisah Ibrahim dan istrinya Siti Hajar. Ia ditinggalkan Ibrahim AS, di tengah padang tandus, gersang, tidak ada perlindungan dan makan sedikitpun. Siti Hajar lebih menderita, dibanding istri orang JT yang ditinggalkan tanpa bekal. Mereka tinggal di keramaian dan akses mendapat air mudah pula. Sungguh para penuduh, telah membutakan mata dan hatinya dengan kisah ini.

Sungguhpun berbagai tantangan datang menghampiri JT, baik dari kalangan umat Islam dan luar Islam, jemaah ini sukses dan eksis di semua negara. Keberadaannya banyak dicemburui oleh organisasi dan perkumpulan Islam lainnya. Maklum saja, JT berjuang untuk agama dengan harta dan dirinya, alias tidak setengah-setengah. Sementara yang lain, kalau mau berdakwah, menampungkan tangan dulu untuk meminta biaya.

Banyak cara yang telah dilakuan pemerintah Amerika untuk membungkam gerak laju JT di Amerika. Mereka terakhir membawa isu terorisme, untuk menghalangi masuknya jemaah dakwah JT. Mereka tidak punya alasan menangkap jemaah, karena hanya berbekal kompor dan peralatan makan seadanya.

JT telah berhasil menembus dunia, dengan keberhasilannya menyadarkan banyak orang dalam kebenaran. Tidak doktrinisasi dalam JT, kecuali kesatuan tekad untuk berdakwah sampai ke ujung dunia hingga ajal menjemput. Mereka malah menyarankan warga yang telah mengikuti dakwah bersama mereka, untuk mempelajari ilmu fiqih, tajwid dan ilmu-ilmu Islam lainnya ke ulama yang lebih kompeten.

Sementara saat mereka berkumpul dalam markas, mereka diminta menanggalkan baju organisasi, pangkat, jabatan, partai politik dan lainnya. Pikiran harus fokus pada daerah sasaran dakwah dan pembicaraan harus menghindari khilafiyah dan politik. Namun tidak berarti mereka dilarang berpolitik atau berdiskusi. Jika sudah selesai dalam pertemuan, mereka bebas beraktivitas apa saja. Bagi yang suka politik, silahkan berkecimpung dengan dunia politik dan lainnya.

Bagi semua jemaah ditekankan, bahwa kumpulan JT hanya sebagai tempat memperbaiki diri. Mereka juga diminta menyampaikan pada saudara Muslim lainnya, akan pentingnya memperbaiki diri sendiri dan juga orang lain. Mereka juga terbuka terhadap nasehat yang baik. Dan satu hal yang disalutkan, mereka tidak membalas hinaan orang dengan hinaan pula. Mungkin inilah kunci sukses keberadaan mereka, sehingga akhirnya mendunia. Usaha yang ikhlas, tanpa mengharap publikasi, pujian ataupun sanjungan dari orang-orang.

sumber:http://hendrinova.wordpress.com

Iklan

22 Tanggapan

  1. Assalamulaikum,terimakasih sy yg sebesar-besar nya kepada JT, allah telah bukakan pinyu hidayah kepada sy lewat JT,klu lah allah tdk pertemukan sy dgn JT mungkin sy adalah ahli neraka sampai skg.kehidupan sy didunia hitam yg tak kenal agama. Kalaulah. Umat islam seperti @maulana arif semua mungkin sy dan teman2 sy msh di dunia hitam,karena mrk tak akan berani msk ke kelompok kami utk berdakwah,mrk hanya menugu org yg sdh tau agama utk belajar agama,tp bagaimana dgn org seperti kami ini?allahamdulillah ya allah engkau tlah kirim kepada ku org yg menurut org lain bodoh agama uyk berdakwak kepada ku,sehingga hamba bisa menikmati manisnya iman.

  2. go tabligh dakwah sampai mati dalam dakwah

  3. maaf ya, maksudku bukan antum tapi muhtadi yang disuruh keluar 4 bulan. afwan ya……..

  4. abdul ghafur suruh keluar 4 bulan dulu baru faham !

  5. @arif : salah satu gerakan sesat yg sedang merambah ngri ini adlh SALAPI WAHABI yg mudah menyesat kan, membid’ahkan, mengkafirkan org2 Islam yg tdk sepaham dg mereka (apakah anda termasuk salah 1 dr mrk ? Kalo ya, sgr lah bertobat sblm MAUT menjemputmu !!!)
    @ all : ikutilah salah 1 dr 4 madzhab, kl di negri kt ini umumnya bermadzhab syafi’i smg Allah SWT menunjuki kln sma diatas hidayah. Bermadzhab adlh IJMA’ ULAMA ASWAJA. Salapi wahabi ngaku2 ASWAJA tp gak mau bermadzhab…ANEH…MENYELISIHI IJMA’. Buat sodara2 yg aktif di JT hati2 VIRUS SALAPI WAHABI mulai banyak merasuki pr karkun JT. INI ADALAH SALAH 1 PR BESAR BG JT. Smoga Allah SWT sentiasa menunjuki kita sma diatas jalan hidayah amiiin…

  6. assalamu’alaikum
    memang jaman sekarang, orang baru belajar sedikit saja sudah berani menyalahkan orang lain. banyak kyai-kyai sepuh yang sudah lama mempelajari agama disalahkan oleh seorang yang baru belajar agama.
    hati-hati saja kalau berkomentar, lidah lebih berbahaya daripada pedang dan barang kecil tidak bertulang inilah yang banyak menyeret manusia ke lembah jahanam.
    wassalamu’alaikum

  7. @arif, jangan pandang usaha ini dari dhohirnya saja, dalami hakekat dari usaha ini, perbanyak korban di jalan Allah dan mohon agar Allah memberi KEPAHAMAN
    …….hakekat usaha ini adalah usaha Rosulullah SAW…. wallahu a’lam….

    …Rosul diutus untuk yahudi, nasrani dan jahiliah qurays, tetapi Rosul tidak mengatakan ” Membongkar Kebrobokan Nasrani atau Yahudi !!” ..
    Rosulullah mengajarkan Akhlak yang mulia,,, yang Insya Allah diusahakan diikuti oleh Jamaah ini….

    dari simpatisan tabligh,

  8. ada apa sama kalian bukankah kalian sama2 islam kok saling hujat..???mempelajari ilmu dien ini tak ubah nya sperti mengupas kulit bawang…entah mna kulit entah mna isi,karna kdg yg diangap kulit kdng itu isi,yg d angap isi kdg itu kulit..wahai kwan klo bsa dua2nya jgn d buang…klo memang itu bawang ya man faatkanlah jngn di kpas 2 tanpa diman faatkan.semoga anda faham maksud dari tulisan ini….yg utama itu bkan ucapan tpi perbuatan……sejauh mna anda ,saya tlah berbuat tuk agama ini….melestarikanya atau memusnahkanya…. {ini hya prmpamaan}

  9. diantara klian sma benar nya,

  10. @arif
    Jangan bodoh menuduh orang lain bodoh dan merasa dirinya pintar dan paling benar.
    Jangan salah menuduh orang lain salah dan merasa dirinya tak pernah salah.
    Kebenaran itu hanya milik Allah.

  11. tidaklah lahir dari kebodohan dan syahwat kecuali kesalahan dan kesesatan

    bahaya kebodohan
    orang beramal tanpa ilmu, tidak tau mana yang benar dan yang salah.
    dia tau kalo dia bodoh tapi tidak mau meninggalkan kenodohannya.

    bahaya syahwat
    seseorang tau kalo dirinya salah
    tapi tidak mau meninggalkan kesalahannya
    padahal tau jalan yang jelas dan benar

    WALLOHU’ALLAM

  12. @arif
    Alhamdulillah,kalo begitu berhentilah membodohi orang lain,
    semakin kita membodohi orang lain maka akan semakin nampak bahwa diri kitalah yang sebenarnya bodoh.

  13. ya akhi.
    aku tidak merasa pintar
    aku hanyalah orang bodoh
    aku tau kalo aku bodoh
    aku tidak ingin “dibodohi”
    aku tidak ingin terus-menerus tenggelam dalam kebodohan

  14. @arif
    trima kasih atas nasehat anda.
    ternyata anda adalah salah satu tantangan luar dari JT seperti judul artikel ini. maaf ya bro.
    Saya cuma bisa berpesan “Lebih baik dianggap bodoh daripada merasa pintar, karena iblis tergelincir karena kepintarannya merasa lebih baik dari nabi Adam alaihi salam dan akhirnya terusir dari surga dan bakalan menghuni neraka jahanam.selamanya”

    Wassalam

    Wallahu ‘alam
    Allah yang Maha Tahu Siapa yang paling Baik dan Benar Amalannya.
    Semoga Alah mengampuni saya dan anda.

  15. @abdul ghafur: nabi saw telah melarang mengambil hukum selain al Quran dan sunnah. Beliau SAW juga melarang perbuatan bid’ah. apa yang Nabi SAW larang pada hakikatnya adalah larangan ALLOH SWT. menyelisihi Nabi SAW sama halnya menyelisihi apa yang ALLOH SWT tetapkan.
    lalu bagaimana mungkin ALLOH SWT meridhoi orang2 yang menyelisihi Nabi-Nya, dengan mengamalkan dan mendakwahkan hadits doif dan maudlu. beramal tanpa ilmu.

    @muhtadi: dulu aku pernah ikut JT. selama beberapa tahun. aku rasakan tidak ada pembelajaran mengenai ilmu (tauhid, aqidah yang lurus) yang didasari dengan al quran dan hadits yang shohih kecuali sangat sedikit.
    hal ini juga tampak dari teman2 ku baik yang baru maupun yang sudah lama (jauh lebih dulu masuk JT dari pada saya), mereka kurang sekali dalam masalah ilmu.
    banyak yang mengamalkan amal ibadah yang didasari dengan hadits yang doif. (doa masuk rumah, doa makan, dll) contoh lain: sebelum makan dianjurkan makan garam dulu, ketika aku tanyakan hal ini kepada ustad JT yang digelari “maulana”, aku bertanya yang insyaALLOH begini(aku sedikit lupa) “apakah ini dicontohkan oleh Rasul?”.kemudian dia menjawab yang kurang lebih “ini dicontohkan oleh masyaikh”. kenapa bukan ini dicontohkan oleh Nabi SAW didasarkan hadits ini ..sanadnya begini2.
    ketika aku menanyakan masalah fiqih, yang aku dapat adalah penjelasan yang dalilnya kurang jelas. bahkan aku pernah mendapatkan hadits maudlu mengenai jihad.

    orang2 JT banyak mengatakan dakwah itu untuk diri sendir. tapi kenyataannya yang dipikirkan malah orang lain terus. diri sendiri dilupakan, sehingga walau bertahun-tahun ikut JT tetap saja kurang ilmu (bodoh) dalam tauhid, aqidah, ibadah. (berdasarkan pengalaman diri sendiri dan teman2 yang kulihat==>> bukti yang amat nyata)
    kepada sumua yang ikut JT dan yang belum ikut marilah kita sama2 dan senantiasa mengintrospeksi diri. betapa banyak yang kita tidak ketahui, betapa wajibnya mengikuti al quran dan sunnah yang shohih. mari kita lihat sudah berapa banyak amal kita yang didasari dengan dalil yang shihih (al quran dan hadits yang shohih yang jelas kita tau keterangannya).
    dalam dua hadits shohih satu dalam shohih Bukhori satu lagi dalam Shohih Muslim. kedua hadits ini memiliki satu makna “amal yang tidak ada anjurannya/contohnya dari Kami, akan tertolak”.

    jika anda ikut jamaah tabligh, cobalah tanyakan kepda ustad/ maulana/masyaikh JT mengenai tauhid, amal2 ibadah, masihkah mereka menjelaskan dengan dalil yang tidak jelas derajatnya (misal hadits doif siapa yang mendoifkan, atau shohih dan siapa yang menshohihkannya).

    bagi orang yang ikut JT dan yang belum (jangan sampai). cobalah lihat bagaimana komentar orang di luar JT mengenai JT.

    senantiasa berdoalah kepada ALLOH SWT agar ditunjukkan dan dimasukkan kepada jalan yang benar, yang Dia ridhoi. dan dijadikan orang yang berilmu dan difahamkan dengan islam serta dijauhkan dari kebodohan.

    ALLOH SWT telah berikan kepada kita akal yang sehat otak yang cerdas. gunakanlah nikmat yang begitu besar ini untuk memahami syariat islam yang benar, memahami kejanggalan dalam JT dan firqoh2 yang tidak benar.
    cobalah untuk tidak “kekeh”, keras kepala, cenderung untuk tetap membenarkan JT. cobalah berfikir netral. lihatlah kenyataan. kalau perlu lihatlah jamaah/firqoh yang lain, pelajari dengan tetap netral. kemudian pilih lah yang benar2 berpegang teguh kepada AL QURAN dan SUNNAH YANG SHOHIH. yang memang benar2 menegakkan syariat islam.

    semoga ALLOH menunjukkan kita ke jalan yang benar dan memasukkan kita ke jalan itu.

    WALLOHU’ALLAM

  16. maulana arif, di/pada 25 Juni 2010 pada 16:03 Dikatakan: r

    bagaimana mau memperbaiki diri tanpa ilmu?

    orang2 JT banyak membicarakan tentang iman tapi tidak pernah belajar masalah tauhid yang benar berdasarkan Al Quran dan sunnah yang shohih.
    mereka tau iman itu penting, tapi kok ga pernah belajar tauhid yang benar. (mengenai sifat2 Alloh SWT, dll)

    Komentar :
    Astaghfirullah.. kok maulana arif berani bilang orang2 JT tidak pernah belajar tauhid yg benar?
    suatu tuduhan yg keji…

  17. @maulana arif
    pantas gak pantas bukan kita yang menilai bro, tapi Allahu subhana wata’ala.

  18. bagaimana mau memperbaiki diri tanpa ilmu?

    orang2 JT banyak membicarakan tentang iman tapi tidak pernah belajar masalah tauhid yang benar berdasarkan Al Quran dan sunnah yang shohih.
    mereka tau iman itu penting, tapi kok ga pernah belajar tauhid yang benar. (mengenai sifat2 Alloh SWT, dll)

    banyak orang2 JT yang tidak peduli terhadap hadits yang mereka sampaikan, mau shohih, dhoif, palsu. tidakkah mereka takut ketika menyampaikan hadits tanpa mengetahui derajat hadits.
    dalam kitab shahih Bukhori terdapat beberapa hadits Shohih yang menunjukkan larangan yang sangat keras untuk berdusta atas nama Nabi SAW atau menyampaikan hadits palsu tanpa mengabarkan bahwa hadits tersebut palsu.

    “aku pernah memperoleh beberapa hadits doif dan palsu dari orang2 JT”

    pantaskah orang2 yang demikian disebut ahli sunnah Nabi SAW, mengikuti para sahabat r.hum.

  19. Tingkatkan pengorbanan, 4 bulan tiap2 tahun…

  20. Assalamu’alaikum wr.wbr
    informative blog that we need…thanks bro…

  21. Marilah kita berlomba-lomba dalam kebajikan, semua perbuatan kita akan di nilai oleh Allah swt. Jauhkan sifat saling membenci dengan sesama muslim.

  22. teruslah berjuang dijalan ALLAH SWT, buanglah jauh-jauh rasa ingin DIPUJI MAHLUQ.
    selalu dan selalu mendorong keluarga kita ( anak-istri ) untuk belajar AGAMA.
    masukkan anak-anak ke sekolah ( MADRASAH/PONPES DAKWAH) di Ciganjur, Ancol, Payaman Magelang, Krawang, Temboro, Sine-Ngawi. dll. tidak perlu biaya MAHAL.
    agar jamaah dakwah TIDAK disebut BODOH ILMU AGAMA…!!!!
    10 TAHUN KEDEPAN ANAK-ANAK KITA INSYA ALLAH ADALAH GENERASI BERILMU DAN BERDAKWAH UNTUK SELURUH ALAM…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: