BERBAGI PENGALAMAN “SELEKSI CPNS TAHUN 2008 DIBAYANGI TIPU TIPU”


Proses seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Tangerang dibayangi tipu-tipu. Penipuan dengan iming-iming lolos tes CPNS, tetapi dengan imbalan Rp 5 juta-Rp 15 juta itu beredar dari mulut ke mulut.

Tawaran bisa meloloskan CPNS itu muncul pada saat pendaftaran di Kantor Pos Tangerang. Tawaran itu umumnya disampaikan sesama pendaftar. Responsnya ternyata cukup tinggi. Beberapa pelamar sempat meminatinya.

”Saya ditawari sesama pendaftar yang mengaku punya orang dalam. Katanya tes CPNS hanya formalitas. Penentunya justru di luar tes. Jika tertarik, saya cukup memberikan nomor handphone kepadanya,” kata Suci (23), warga Jatiuwung, Tangerang, Kamis (13/11).

Benar saja. Tak berapa lama kemudian Suci menerima SMS dari seseorang yang mengaku bisa membantu meloloskannya menjadi CPNS. Komunikasi via SMS pun tak terhindarkan. Suci lalu menyebut hendak mendaftar menjadi CPNS golongan II C dan III A di Pemkot dan Pemkab Tangerang. Ujung-ujungnya si pengirim SMS itu menyebut tarif Rp 8,5 juta jika ingin lolos seleksi CPNS.

”Saya juga menerima tawaran seperti itu. Namun, saya belum memberikan kepastian apakah menerima tawaran itu atau tidak. Uang sih sudah ada, tetapi saya enggak yakin dengan hasilnya,” tutur Nita (23), teman Suci.

Iming-iming lolos seleksi CPNS dengan sejumlah imbalan juga terjadi di tempat pendaftaran seleksi CPNS di Kantor Pos BSD, Serpong. ”Dua tahun lalu saya pernah termakan tawaran seperti itu. Saya sudah menyerahkan uang Rp 10 juta, tetapi tak lolos juga. Uang tak kembali karena orang yang memberi iming-iming saya itu melarikan diri. Sekarang saya sudah enggak percaya lagi, tawaran via SMS itu hanya tipu-tipu saja,” ungkap Badri (25), warga Pagedangan di Kantor Pos BSD Serpong.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Harry Mulya Zein dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Nanang Komara secara terpisah menyatakan bahwa semua pendaftar CPNS harus melalui proses seleksi yang sudah ditentukan. ”Iming-iming bisa meloloskan CPNS pasti ulah penipu,” ucap Harry.

Penerimaan CPNS, kata Nanang, dilakukan oleh tim independen. Dengan demikian, dijamin tak ada satu pun yang bisa mengubah atau meloloskan hasil tes para pelamar CPNS.

Penerimaan CPNS dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Seleksi tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menpan No 800/3224-Kepeg No 3/195 P/M PAN/10/2008 tertanggal 31 Oktober 2008 tentang CPNS Daerah 2008. SK tersebut selanjutnya diperkuat SK masing-masing kepala daerah setempat. Misalnya SK Wali Kota Depok Nomor 871/SK 45/Peg/2008 tentang Tambahan Formasi CPNS Daerah Depok Tahun 2008.

”Kami menjamin penerimaan CPNS bebas dari KKN,” kata Wali Kota Nur Mahmudi Ismail. Jika memang ada PNS yang memanfaatkan untuk meminta sejumlah uang kepada para pelamar CPNS, ia berjanji akan menindaknya secara tegas. (cel)

SUMBER: http://www.kompas.com

2 tanggapan untuk “BERBAGI PENGALAMAN “SELEKSI CPNS TAHUN 2008 DIBAYANGI TIPU TIPU”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s