• AYO KITA BERDAKWAH MENJADI UMAT TERBAIK

    Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Ali Imran:110)
  • Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS: Muhammad:7)

  • BISNIS YANG TAK PERNAH RUGI

    Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS: ASHAAF 10-12)
  • Berlomba-Lomba dalam Kebaikan dan Taqwa

    1animated183
  • Jangan Sakiti Saudaramu

    movingfunnypenguins
  • free counters
  • Anda Pengunjung ke:

    • 6,740,180
  • MARI KITA MAKMURKAN MASJID….

    Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS: AT TAUBAH:18)
  • Laman

  • November 2008
    S S R K J S M
    « Okt   Des »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930

Memberantas Premanisme (Pernah Menjadi Korban Preman SMS Ke 1717)


Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Bambang Hendarso Danuri telah mengambil kebijakan tepat dengan menetapkan pemberantasan tindak premanisme sebagai salah satu prioritas jajarannya. Kebijakan ini didasari pada banyaknya laporan masyarakat yang masuk ke polisi yang mengutarakan keluhan-keluhan mereka akibat perbuatan para preman.

Tidak sulit mencari contoh tindak premanisme di tengah masyarakat. Kita bisa melihatnya setiap saat di jalanan atau di tempat-tempat umum seperti terminal, stasiun, hingga lingkungan permukiman. Bahkan, kita mungkin pernah menjadi korban tindak premanisme itu. Entah itu pencopetan, pemalakan, pencurian, pemerasan, penodongan, kekerasan, dan lainnya.

Kelompok yang paling rentan menjadi korban tindak premanisme atau kejahatan jalanan justru masyarakat kelas menengah ke bawah. Buruknya fasilitas umum dan transportasi umum menjadi salah satu tempat berbiaknya tindak premanisme. Kereta api dan bus umum yang selalu disesaki penumpang adalah tempat yang nyaman bagi para penjahat jalanan untuk beraksi.

Kalangan kelas menengah ke atas pun tak lepas dari ancaman para preman. Kejahatan terhadap para pengendara mobil di lampu-lampu merah sudah banyak terjadi, entah berupa penodongan, pemalakan, pencongkelan kaca spion, dan sebagainya. Para pemilik mobil juga biasa menjadi korban tindak premanisme saat berada di tempat parkir. Para petugas parkir liar juga bisa merangkap sebagai preman yang melakukan pemerasan. Demikian juga para pengamen dan pengemis.

Karena demikian meluasnya tindak premanisme di kota-kota besar, maka tak mengherankan bila 1.024 preman telah diciduk polisi dalam operasi selama beberapa hari terakhir. Di Jakarta, Polda Metro Jaya menjaring 492 orang yang masuk kategori penyakit masyarakat dalam Operasi Kejahatan Jalanan.

Operasi pemberantasan tindak premanisme selama sepekan ini sudah dilaksanakan di lima kepolisian daerah, yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Timur, Polda Jawa Tengah, dan Polda Sumatera Utara. Operasi ini akan diperluas ke wilayah-wilayah lain di seluruh Indonesia dan dilakukan secara berkelanjutan dengan evaluasi berkala setiap tiga bulan.

Kita berharap jajaran kepolisian bisa melaksanakan operasi pemberantasan premanisme itu secara konsisten sehingga tujuannya bisa tercapai, yakni terciptanya rasa aman dan nyaman di hati masyarakat dalam setiap kesempatan. Dengan demikian, masyarakat dapat melakukan segala aktivitas dengan leluasa tanpa merasa khawatir akan keselamatan jiwa maupun harta bendanya.

Langkah kepolisian tersebut hanya salah satu cara melawan premanisme, yakni lewat penegakan hukum. Langkah ini mesti didukung dengan pendekatan-pendekatan lain dalam bidang ekonomi, sosial, hingga penataan wilayah.

Tindak premanisme kebanyakan berkembang di kalangan masyarakat kelas bawah karena kesulitan ekonomi. Tindak premanisme mudah berkembang di daerah perkotaan seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan ibu kota provinsi lain karena hubungan kekerabatan sudah sangat menipis. Berbeda dengan di daerah perdesaan yang tingkat kekerabatannya masih sangat kuat. Tindak premanisme juga muncul karena ketimpangan pembangunan wilayah yang mendorong urbanisasi.

Dalam situasi krisis keuangan global saat ini, alasan ekonomi yang memicu tindak premanisme akan meningkat. Karena itu, pemerintah mesti mengambil langkah pencegahan tindak premanisme dengan meningkatkan program-program penyelamatan ekonomi rakyat. Misalnya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri, Program Revitalisasi Pertanian, Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, dan lainnya. Program penanganan fakir miskin dan anak telantar juga perlu digalakkan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945.

Namun, tindak premanisme tidak hanya melibatkan kalangan masyarakat kelas menengah bawah, tapi juga kalangan kelas menengah atas. Premanisme yang melibatkan elite politik dan ekonomi ini juga harus diberantas, sebab dampaknya lebih besar daripada premanisme kelas kroco.

Iklan

12 Tanggapan

  1. Sya melaporkan tersangka kasus penipuan dan pelecehan sexual ari jatmika warga metro batang hari /batang harjo lampung, yang di lindungi oleh saudara nya polisi provos metro, korban rumita warga kalianda lampung Selatan, mohon dengan sangat agar tersangka ditangkap tindak lanjuti sebelum jatuh banyak korban lagi tolong bantu kmi, tegakkan keadilan di negeri ini

  2. Maaf bpk/ibu polisi, sya . mau melaporkan terjadi penipuan dan pelecehan sexual yg dialami sodara saya rumita asl lampung Selatan, dengan tersangka ari jatmika warga metro batang hari/ batang harjo lampung,, kmi mohon bantuan dri bpk /ibu polisi untuk menangkap tersangka dn mengusut kasus ini slma ini tersangka di bntu dn dilindungi oleh sdrany polisi provos metro, tolong bantu kami kami hanya orang lemah tidak punya apa-apa yg mmnta perlindungan hukum setempat untuk kmi,jgn biarkan tersangka bebas berkeliaran jgn smpe jtuh korban lgi,

  3. secara kebetulan saya bekerja di luar kota dan hanya pulang sebulan sekali untuk berkumpul dengan keluarga. saya liat di jejaring sosial istri sya ada penggoda cowo sekampung istri sya,merayu bawa ber cumbu istri sya,tas perbuatan lelaki ni sya keberatan dan sangat marah,saya mohon kepolisian kota bangun kukar tolong di usut kasus ni segera tas tuduhan perbuatan tidak meyenang kan,pelaku tas nama iir di kampung sangkuliman kota bangun,facebook pelaku tas nama ryan rasta fredom {hasta lavista}bukti tertulis dapat di bukti kn di jejaring sosial facebook,

  4. secara kebetulan saya bekerja di luar kota dan hanya pulang sebulan sekali untuk berkumpul dengan keluarga. saya liat di jejaring sosial istri sya ada penggoda cowo sekampung istri sya,merayu bawa ber cumbu istri sya,tas perbuatan lelaki ni sya keberatan dan sangat marah,saya mohon kepolisian kota bangun kukar tolong di usut kasus ni segera tas tuduhan perbuatan tidak meyenang kan,pelaku tas nama iir di kampung sangkuliman kota bangun,facebook pelaku tas nama ryan rasta fredom {hasta lavista}

  5. pak polisi kota bangun kukar tolong di berantas menggu istri sya menggu rmh tangga sya,sya keberatan tas nma orang tu iir di kampung sangkuliman,nama facebook ya ryan rasta fredom {hasta lavista}bukti ter tulis terliat di media sosial di jejaring facebook merayu ngajak cumbu istri sya tas nma nha cwek virgo di jejaring sosial,pak polisi kota bangun kukar tolong di usut segera,karena telah mencemar kn nma baik sya melalui facebook dan udah merusak rumah tangga saya

  6. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Selamat malam Kapori yang terhormat.
    Selamat malam Kapolresta Cirebon yang terhormat.

    Mohon TINDAK TEGAS dan BERIKAN SANKSI HUKUM yang sesuai kepada sdr. AID AHMAD cs yang tergabung dalam oknum anggota LSM BASMI RESORT PAMDENGKANG yang telah melakukan pengeroroyokan terhadap TOKOH AGAMA (Ustadz/Ulama/anggota MUI Pamengkang Kecamatan Mundu) ustadz Jayadi dengan tidak ada masalah yang jelas, ini tindakan anarkis, premanisme, penganiyaan sadis yang biadab.

    Masyarakat Cirebon khususnya dan Umat islam pada umumnya pasti tidak akan menerima perlakuan ini.

    APAPUN ALASANNYA HUKUM HARUS BERJALAN TEGAS, para oknum ini harus secepatnya diproses, KAMI WARGA PAMENGKANG berharap POLRI pasti bisa menjalankan hukum dengan tidak pandang bulu.

    bersihkan cirebon dari OKNUM PREMANISME BERBAJU LSM BERLEBEL ISLAM, ISLAM ADALAH AGAMA CINTA DAMAI BUKAN KEKERASAN seperti yang dilakukan sdr. AID AHMAD CS (Oknum LSM BASMI RESORT PAMENGKANG).

    Wassalam

  7. Mohon bantuan kpda bpk polisi terhormat agar segera di brantas aksi premanisme di daerah kayu ringin bekasi selatan tepat’nya di blakang BCP tolong pak masa hari gini masih ada preman yg memeras pedagang kecil,,, yg berjualan d blakang moll BCP

  8. bpk polisi, tolong di tindak lanjuti gembong narkoba dan tindak kriminal yang sering di lakukan ncep atau nama premannya cepi dan antek2 nya yang berlokasi di jalan karta jaya jakarta utara, tepatnya di kolong tol rawa bebek jakarta utara, karena sangat meresahkan dan residivis yang tidak takut akan hukum pemerintah republik indonesia. peredaran dan tindakan kriminalnya sangat anarkis, juga menghancurkan generasi anak bangsa dengan memberi konsumsi narkoba. banyak sudah yg sering di pukuli oleh cepi dan teman-temannya, kami mohon untuk menindak lanjuti laporan kami ini. kepada bapak polisi RI, sekiranya benar kotak saran dan pengaduan ini, tolong segera di tindak lanjuti laporan kami. sebelum dan sesudahnya kami sebagai warga yg merasa terintimidasi, mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada kepolisian republik indonesia.

  9. pak polisi tolong di usut no 02679034474, karna sudah menipu istri saya untuk meminta pulsa,dengan alasan suami nya ada masalah, dan meminta pulsa untuk dikirim ke no 081315716336 = pak polisi tolong di usut no 02679034474, karna sudah menipu istri saya untuk pak polisi tolong di usut no 02679034474, karna sudah menipu istri saya untuk meminta pulsa,dengan alasan suami nya ada masalah, dan meminta pulsa untuk dikirim ke no 081315716336 = pak polisi tolong di usut no 02679034474, karna sudah menipu istri saya untuk memin

  10. pak jon anda pintar menjawab, namun perlu saya ingatkan bahwa tidak mungkin kita melanggar hukum demi membela diri,contohnya saya sendiri, saya korban pemerasan dan pengancaman dan pemukulan..saya sudah melaporkan beberapa kali ke polisi, namun polisi tidak juga bertindak..ada hasil visum pemukulan ada laporan polisi apakah itu mensahkan saya untuk membunuh seperti ungkapan bapak daripada dibunuh mending membunuh..oh itu salah besar, preman tidak boleh sewenang2 ada batasnya, dan umumnya mereka selalu memaksakan kehendak mereka tanpa melihat permasalahan sebenarnya..yang penting dibayar dan dapat uang masalah belakangan..itu pola pemikiran sebagian besar preman..berangkat dari pola pikir itu, di lapangan mereka tidak peduli apakah tindakannya sudah melanggar hukum atau tidak yang penting uang..dan uang, yang disayangkan polisi pun tidak berani bertindak tegas karena sudah di kebiri oleh undang-undang, “daripada sy pusing ngeladenin laporan masyarakat terhadap preman mending diem aja dech..salah-salah sy dan keluarga yang ngak selamat..cari uang ah”

  11. preman itu ada karena ngak ada kerjaan…makanya bikin lapangan dikampungnya biar ngak pd ngegerecokin jakarta

  12. Wah anda ngawur kalau bilang Preman itu sama dengan pencuri, penodong,pencongkel kaca spion….Preman itu membantu keamanan dan ketentraman masyrakat bahkan menolong rakyat yang di-zholimi dan tidak satupun yang membelanya. Contoh, siapa yang mau bela orang yang uang yang dipinjamkan lalu si peminjam tidak mau mengembalikan? Saat minta utangan – baik-baik,saat ditagih galak. Apa polisi bisa bantu? Kalaupun bisa bantu apa uangnya kembali?
    Beberapa orang membayar upeti kepada preman dengan iklas. Kalau mereka merasa takut dengan kehadiran preman-itu mereka salah sendiri ! Memangnya polisi bisa menangkap preman karena anda melapor bahwa anda takut dengan kehadiran preman? Yang mencuri itu pencuri-tangkap saja. Preman yang benar tidak mencuri.
    Preman hanya meng-intimidasi,menggertak dan mengancam – tidak lebih…Kalau sampai preman membunuh orang itu karena beladiri. Preman harus disikapi dengan pemahaman dan kesadaran hukum yang tingi.
    Jika preman melotot-silahkan pelototin lagi. Jika ia memukul,menganiaya – lapor polisi. Jika polisi diam-lawanlah preman itu -daripada dibunuh lebih baik membunuh. Dalam posisi ini anda ada dipihak yang benar. Toh polisi sudah dapat laporan. Ketakutan akan intimidasi akan membuat premanisme semakin berkembang.
    Jika perlu siapkan warga-warga untuk melawan tapi ingat lapor dulu ke polisi bahwa memang pernah terjadi kekerasan dari preman.
    Ingat-preman itu bukan pencuri atau penodong-Beda itu !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: