• AYO KITA BERDAKWAH MENJADI UMAT TERBAIK

    Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Ali Imran:110)
  • Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS: Muhammad:7)

  • BISNIS YANG TAK PERNAH RUGI

    Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS: ASHAAF 10-12)
  • Berlomba-Lomba dalam Kebaikan dan Taqwa

    1animated183
  • Jangan Sakiti Saudaramu

    movingfunnypenguins
  • free counters
  • Anda Pengunjung ke:

    • 6,646,555
  • MARI KITA MAKMURKAN MASJID….

    Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS: AT TAUBAH:18)
  • Laman

  • Oktober 2008
    S S R K J S M
    « Sep   Nov »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

The Key of Success


Key of Success

Banyak orang ingin sukses, segala macam cara ditempuh untuk dapat hidup sukses. Tapi apa yang dimaksud dengan sukses yang sebenarnya sukses. Apa kalau kita sudah kaya raya baru dibilang sukses. Atau kalau kita sudah dapat gelar kesarjanaan sesuai dengan cita-cita kita baru dikatakan sukses. Punya istri cantik baru sukses, punya jabatan yang tinggi baru sukses. Dan banyak lagi parameter-parameter sukses yang ternyata kalo parameter itu dimiliki oleh seseorang, maka orang lain disekitarnya akan mengatakan dia itu orang sukses.

Tapi tunggu dulu apakah orang yang sudah memiliki parameter diatas dia merasa sukses. Jawabnya hanya pribadi mereka saja yang tahu. Manusia diciptakan oleh Tuhan di muka bumi ini untuk mencapai kesuksesannya masing-masing. Jalan-jalan untuk dapat hidup sukses sudah diberikan oleh Allah SWT melalui petunjuknya yaitu nab-nabi dan rasul-rasul serta kitab-kitab yang diturunkanNya kepada manusia. Sang Pencipta menginginkan bahwa manusia itu harus sukses bukan saja untuk kehidupan di dunia yang sementara ini tapi untuk kehidupan di akhirat yang kekal abadi selama-lamanya.

Agar dapat hidup sukses di dunia dan diakhirat kita cukup mengikuti petunjuk atau kunci-kunci yang telah diberikan Allah kepada manusa melalui manusia pilihan yaitu Rasulullah SAW. Karena jika kita tidak memiliki kunci tersebut maka kesuksesan yang kita dapatkan akan bersifat semu dan sementara.

Bagi manusia yang yang menyandarkan materi sebagai kunci sukses mereka akan tahu bahwa setelah mereka memiliki materi yang banyak ternyata mereka belum sukses. Bahkan banyak masalah yang ditimbulkannya yang akhirnya menggerogoti kebahagiaannya.

Kesuksesan dan kebahagiaan sebenarnya dua kata yang mempunyai makna yang hampir sama, akan tetapi kesuksesan manusia biasanya diukur dengan parameter yang real sedangkan untuk kebahagiaan tidak ada parameter yang dapat mengukurnya kecuali kita yang merasakannya sendiri. Tapi sebenarnya kebahagiaan itu adalah kesuksesan yang sebenarnya.

Apa dan bagaimana sebenarnya kunci sukses itu…

Allah SWT telah memberikannya kepada manusia yang paling dikasihinya yaitu Baginda Rasulullah Muhammad Salallahu alaihi wa salam. Kemudian Baginda Rasulullah memberikannya pada para sahabat-sahabat radiallahu anhu aj’main dan kemudian para sahabat memberikannya pada para ulama yang telah beliau ringkas menjadi 6 kunci sukses yang penting dan prinsif. sehingga apabila kita memegang kunci ini dan membuka kunci sukses dengannya seperti password yang dapat membuka software kebahagian kita di dunia apalagi diakhirat nanti.

The Key of Succes ini disebut 6I yaitu:

1. Iman

2. Ibadah

3. Ilmu

4. Ikhsan

5. Ikhlas

6 Ikhtiyar 

Apa kita sudah punya keenam kunci tersebut. Secara sadar atau tidak sebenarnya kita sudah punya tapi belum kita pergunakan dengan baik dan benar. Seperti kita memegang beberapa anak kunci kita belum menemukan kunci yang pas untuk memasukkannya ke gembok yang tepat.

Iman, semua orang punya iman. Tapi imannya benar atau tidak, yang diimanninya itu sesuai atau tidak dengan yang diinginkan Allah dan RasulNya. Itulah sekarang masalah kita yang paling utama. Iman kita tidak sama dan kebanyakan manusia sudah banyak yang rusak imannya.  Maka Kunci yang pertama ini harus kita perbaiki terlebih dahulu baru kita bisa memperbaiki dan mempergunakan kunci-kunci yang lainnya.

Masalah Iman ini hanya kita dan Allah yang tahu kita mengaku percaya dan yakin kepada Allah SWT dan Rasuullah sebagai utusannya. Tapi keyakinan ini masih dalam batas di bibir saja. Jangan tanya di hati kita, kadang-kadang secara sadar atau tidak kita masih mempercayai hal-hal yang merusak keyakinan kita kepada Allah SWT. Hal-hal yang sepele yang kita yakini itu bisa menyebabkan atau memberikan keuntungan, kebaikan atau bisa mendatangkan kerugian atau keburukan ini ternyata yang paling banyak MERUSAK keimanan kita kepada Allah SWT. Maka hal-hal yang seperti itu harus kita hindarkan sedikit demi sedikit.

Ibadah, semua orang pasti ibadah. Tapi ibadah yang bisa mendatangkan kesuksesan adalah ibadah yang dicontohkan oleh manusia pilihan yaitu Rasulullah SAW. Sudahkah ibadah kita mencontoh rasulullah… Kenapa kita harus mencontoh rasulullah? Karena Beliaulah manusia yang sudah mendapat jaminan masuk Surga. Bagaimana cara mencontoh rasulullah ya belajar dari ulama dan membaca hadist-hadistnya dan amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ibadah yang paling utama adalah SHOLAT karena sholat ini sebagai password untuk ibadah yang lain. Karena jika sholat kita baik maka ibadah-ibadah yang lain akan dinilai baik, tapi jikasholat kita buruk maka ibadah yang lain juga akan di nilai buruk. Sholat adalah kunci Syurga. Maka untuk mendapatkan sholat yang baik maka kita ikuti Rasulullah yang selalu Sholat berjamaah di Masjid. Sholat berjama’ah sangat tinggi nilainya. Apalagi untuk orang yang baru belajar sholat bisa langsung mengikuti gerakan sholat dan langsung praktek. Ibarat kita belajar tidak teori melulu jadi langsung dipraktekin beramai-ramai, walaupun nanti ada yang salah Insya Allah ada yang memperbaikinya.

Ilmu, seperti header yang ada pada bog ini untuk mendapatkan kebahagian di dunia dan akhitrat harus dengan ilmu. Ilmu untuk dunia maka belajarlah ilmu untuk mendukung kehidupan di dunia, dan belajarlah ilmu agama untuk mendapatkan kebahagian di akhirat. Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi muslim laki-laki dan perempuan. Dan jika kita berilmu harus diamalkan dan agar dengan ilmu kita tidak merasa sombong maka kita harus selalu ingat kepada yang memberi ilmu yaitu Allah SWT.Walaupun sepertinya kita yang menemukan ilmu itu tapi datangnya dari Allah SWT.  dan Allah yang paling luas ilmunya.  Orang yang berilmu derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Maka jangan heran kalo kita masih susah karena ilmu kita pas-pasan baik itu ilmu dunia apalagi ilmu akhirat.

Ikhsan adalah kasih sayang. Allah telah menganugerahkan kepada setiap manusia ada sifat kasih sayang di hatinya. Kasih sayang ini harus kita pupuk agar dia tidak hilang dari hati kita. Pergunakan kasih sayang ini untuk setiap makhluk ciptaaNya. Apalagi untuk sesama makhluk yang namanya manusia. Banyak dari kita yang sudah hampir pupus rasa kasih sayangnya terhadap sesama. apa lagi terhadap makhluk lain seperti hewan ,tumbuhan atau alam ini. Maka orang yang sayang dengan orang lain seperti menyayangi dirnya sendiri maka akan mendapat jaminan masuk syurgaNya.

Ikhlas, ini yang paling susah untuk dilakukan. sekarang jamannya semua dinilai dengan materi. Jadi sesuatu itu harus ada imbalannya. Tapi jika kita punya rasa ikhlas di hati kita maka semuanya akan berjalan dengan begitu indah. Allah akan melipat gandakan pahala setiap hambanya yang beramal dengan ikhlas. Sedangkan ikhlas ini hanya Allah saja yang tahu.

Iktiyar, kata ini sama dengan usaha untuk mencapai kesemua kunci itu. Usaha ini juga sama dengan perjuangan dalam bahasa arabnya adalah jihad. Dalam perjuangan pasti ada pengorbanan atau susah payah di dalam bahasa arab disebut mujahadah. Sanggupkah kita untuk itu semua. Sedikit demi sedikit usaha,perjuangan dan pengorbanan harus kita lakukan untuk mendapatkan kunci-kunci itu, jika kita memang mau sukses di dunia dan akhirat. Setiap pengorbanan yang kita lakukan akan mendapat nilai tersendiri dari Allah SWT. Ingatlah kisah nabi Ibrahim yang disuruh menyembelih anaknya. Nabi musah yang disuruh meninggalkan negerinya, nabi Muhammad SAW yang berhijrah dan berperang melawan orang yang menolak Islam? Akhir dari pengorbanan adalah kebahagiaan….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: