• AYO KITA BERDAKWAH MENJADI UMAT TERBAIK

    Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Ali Imran:110) Gunawan Abdul Ghofur

  • Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS: Muhammad:7)

  • BISNIS YANG TAK PERNAH RUGI

    Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS: ASHAAF 10-12)
  • Berlomba-Lomba dalam Kebaikan dan Taqwa

    1animated183
  • Jangan Sakiti Saudaramu

    movingfunnypenguins
  • free counters
  • Anda Pengunjung ke:

    • 4,996,100
  • MARI KITA MAKMURKAN MASJID….

    Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS: AT TAUBAH:18)
  • Halaman

  • Januari 2011
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  

MENJAWAB PERSOALAN JEMAAH TABLIGH TINGGALKAN ANAK ISTERI UNTUK KELUAR DI JALAN ALLAH


JEMAAH TABLIGH TINGGALKAN ANAK ISTRI LI I’LAI KALIMATILLAH.

Perginya seorang keluar di jalan Allah bukan untuk habiskan waktu di masjid, duduk2, dzikir, pegang tasbih, kalaulah ini yang dibuat maka ini adalah bentuk kezaliman terhadap keluarga. Tetapi para shahabat dahulu tinggalkan isteri berbulan-bulan bahkan ada Al Faruq ayah dari Rabi’ah Al Faruq seorang muhaddits telah tinggalkan istri 27 tahun adalah untuk meninggikan kalimat Allah dengan berdakwah. Datang dari kampung ke kampung, Bandar ke Bandar, dengan cara membentuk Jemaah dakwah. Bahkan di zaman Rasulullah saw tak kurang dari 150 jemaah telah dihantar Rasulullah saw. Dan Nabi sendiri telah ikut tak kurang dari 25 kali. Kini orang ramai ingin tegakkan agama hanya dengan duduk2 di kedai kopi sambil mencela sesama muslim…Mungkinkah???

TERTIB DAKWAH JEMAAH TABLIGH ADA DALAM KITAB HAYATUSHAHABAH.

Maulana Muhammad Yusuf Rah A telah berkata: Kalau saya tuliskan suatu kitab usul atau tertib kerja dakwah tabligh ini maka yang membaca hanyalah orang-orang yang ikut dalam kerja dakwah saja sedangkan yang lain tidak membacanya. Padahal dakwah ini memiliki usul dalam kehidupan para sahabat nabi. Karena Allah swt jadikan shahabat sebagai contoh tauladan umat. Untuk itulah saya tuliskan kitab HAYATUSSHAHABAH. Maulana Ahmad Lat telah berkata bahwa kitab Hayatusshahabah sudah cukup untuk dijadikan ushul dalam kerja dakwah dan tabligh ini, tak perlu tambahan apa-apa, siapa yang ikut cara mereka akan ada jaminan keselamatan baginya. Hayatusshahabah dihimpun dalam 3 jilid. Ketiga jilid merupakan keajaiban yang besar, karena belum ada kitab hadits yang ditulis dengan cara seperti ini. Permulaan kitab ditulis dengan ayat : “Dari kalangan orang beriman ada laki-laki yang telah membenarkan janjinya kepada Allah yakni mereka syahid dan mencari cari jalan untukk syahid” Seolah-olah Maulana Yusuf Rah A ingin katakan inilah kitab yang berisi kisah orang yang telah tunaikan janjinya kepada Allah SWT. Akhir dari kitab ini adalah carita tentang bantuan-bantuan Allah secara ghaib yang diberikan kepada para shahabat. Sehingga tengah-tengah antara keduanya adalah berisi cara untuk datangkan bantuan itu.

Mereka menamsilkan bahwa kehidupan shahabat ibarat lautan yang mana jika orang akan berenang di dalamnya harus tanggalkan dulu pakaiannya dan diganti dengan baju renang. Ayat pembuka seolah pakaian yang bias menyelam dalam kehidupan mereka. Selama kita tidak tanggalkan pakaian kita hari ini dan diganti dengan pakaian para sahabat, maka selama itu kita tidak akan faham kehidupan para sahabat dalam memperjuangkan agama. Pakaian kita hari ini yakni saya seorang doktor, seorang guru, seorang ayah, seorang suami, harus kita tanggalkan seketika dan menggantinya dengan pakaian para sahabat yakni Syahid dan Bersiap-siap untuk Syahid.

Ada juga yang mengkritik dan bertanyakan mana dalil dakwah dengan cara keluar di jalan Allah ?? Mana dalilnya tinggalkan anak istri untuk dakwah ?? Mana dalilnya 4 bulan 40 hari? Sebenarnya kisah tersebut telah ada dalam kitab hayatusshahabah dengan sanad hadits yang jelas. Hanya orang yang tidak mahu mujahadah untuk meniru kehidupan shahabat tak akan faham dengan kehidupan mereka. Bagaimana mungkin orang akan faham agama dengan cara satu keadaan yang tak sama. Hanya mengkajinya di majlis taklim setelah itu pulang ke rumah bersuka-ria sama anak istri, menonton TV dll. Sementara para shahabat Nabi bermujahadah dalam terik matahari, kehausan, berhadapan dengan musuh, musim dingin, dsb. Sedangkan Al Quran turun kepada mereka dalam keadaan suasana yang berlainan bukan di majlis taklim. Surah At Taubah turun di musim panas, surat Al Ahzab di musim dingin dsb. Mustahil akan dapat memahami Al Quran tanpa mengambil pengorbanan mereka.

JEMAAH TABLIGH BUKAN ORGANISASI TETAPI DALAM KERJA DAKWAHNYA

TERORGANISIR. Di mulai dari penanggung jawab mereka untuk seluruh dunia yang dikenal dengan Ahli Syura di Nizamuddin, New Delhi, INDIA. Kemudian di bawahnya ada syura Negara, misalnya : Syura Malaysia, Indonesia, Amerika, dll. Kini hampir ada lebih dari 250 negara yang memiliki markaz seperti Masjid Sri Petaling dan Masjid Kebon Jeruk Jakarta. Kemudian ada orang tanggungjawab bagi negeri2 kemudian dipecahkan lagi orang tanggungfjawab bagi halqah2. Di bawah halaqah terdiri dari beberapa mahalah yakni masjid yang hidup amal dakwah dan masing-masing mereka ada tanggungjawab yang dipilih oleh musyawarah tempatan masing-masing. Di India ada masjid yang menjadi Muhallah sekaligus halaqah dimana di dalam masjid hidup 10 kelompok kerja (jemaah yang dihantar tiap bulan 3 hari). Semua permasalahan diputus dalam musyawarah sehingga tak ada perselisihan di antara mereka dan mereka punya sifat taat kepada hasil musyawarah. Walaupun mereka tak pernah katakan bentuk mereka kekhalifahan seperti harakah lain yang mempropagandakan Khilafatul Muslimin, tetapi system jemaah tabligh terlihat begitu rapi sehingga mereka saling kenal satu sama lain karena jumlah orang yang pernah keluar di jalan Allah tercatat dan terdaftar di markaz dunia. Setiap 4 bulan mereka berkumpul musyawarah Negara masing-masing kemuadian dibawa ke musyawarah dunia di Nizamuddin, India. Musyawarah harian ada di mahalah masing-masing untuk memikirkan orang kampung mereka masing-masing sehingga biarpun ada yang pergi tasykiil tetaplah ada orang di maqami yang garap dakwah di sana.

Yang jelas mereka telah amalkan ayat : “Hendaklah ada di antara kamu umat (Ibnu Abbas mengartikan jemaah) yang mengajak kepada kebaikan, memerintah kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang yang mendapat kejayaan.” (QS Ali Imran) 

“Kejayaan Manusia Hanya Dalam Agama. Sejauh Mana Dapat Taat Perintah Allah Dan Hidup Ikut Cara Nabi SAW” Insya Allah.

Source: http://blogkarkun.blogspot.com/

About these ads

22 Tanggapan

  1. bani isroil yakin kalo muhammad adalah nabi.tp krn sifat dengki dan iri hati yg menjdkan mrk ingkar.bgt jg org yg mengatakn jmaah tabligh sesat/bid’ah,sbnrnya mrk ini mirip dgn sifatnya bani isroil krn dengki dan iri hati.

  2. Insya Allah dunia akan berubah…!! Jama’ah tabliq da’wah sesuai dngan Qur’an & hadis. Wahai kau yg suka membid’ah kan suatu golongan. Apa dalil kalian berda’wah dngan melalui media,radio,tv majalah elektronik dll.. Riwayat hadis soheh dari perawi siapa.???! Nabi & sahabat tidak mencotohkan da’wah dngan cara seperti itu. Berarti kalian lah yg bid’ah….!!!!

  3. saya mendukung dg cara khuruj fisabillah dr JT in, smg imanny lebh d’kuatkn jgn m’lemah ya.. smg tetap d’ridhoi allah swt. ALLAHU AKBAR.

  4. dakwah sampe mati..mati2an dakwah.mati dalam dakwa

  5. subhanallah……

  6. orang tidak akan merasakan manisnya secankir kopi atau teh klw tdk mencobanya pasti mengada ada aja manis ,pahit,manis ,pahit..gimana mau rasa klw tidak mencoba ,ikut aja dulu baru thu ea klw ada jeleknya tinggalkan aja tpi ingat perbaiki niat okay !!!

  7. Allahu Akbar…!!!

  8. alhamdulillah. dari kompasiana nyasar kesini. lega rasanya..

    tadi sempat saya lihat komentar yang tidak nyaman disana. saran saya, jika ada komentar yang senada, janganlah di tanggapi. tak baik blog karkun jadi ajang perdebatan.

    terimakasih.. semoga Allah istiqamahkan di jalan Allah.

  9. terima kasih atas informasinya….

    salam

  10. Agama tesebar bukan mlalui media masa,tu atau radio,tp Agama tersebar dngan bermujahadah mendatangi stiap umat dari kampung kekampung,dari desa kedesa,dari negri kenegri dngan mendatangi dari pintu kepintu tinggalkan anak istri..
    Nabi Muhammad tdak prnah contohkan berdakwah mlalui media masa ataupun media elektronik, sbagai umat Rosululloh,mari kta truskan perjuangan Beliau,kta tnggalkan anak istri demi menegakkan Agama yg mulia ini..
    Berjuanglh untk Islam,Bukn untk umat Islam Jazamukallah khoiron

  11. apapun yg merintangi da’wah kita jgn patah semangat,kt hrs ISTIKHLAS(yakin 100% ga’ tolah_toleh) maju terus pantang mundur hatta kt mati dlm PUNCAK PENGORBANAN…!!!

  12. allah menjadi penolong kita klau kita tolong agama allah… teruskan jadi askar allah..

  13. klo ingin bahagia dan mulia di mata allah swt korbankan harta dan drimu kluar di jalan allah swt,insyaallah…

  14. terima kasih, izin download

  15. masya Allah ,,,,,
    infiru hifafa wasiqola wajahidu biam walikum wa anfusikum jalikal khoiru lakum in kuntum ta’lamun

  16. Memang banyak sentilah bagi Jamaah Tabligh yg tinggalkan keluarganya,, beginilah, begitulah dll. yang keluaruntuk melaksanakan kewajiban dari Alllah dan sunnah Rasulullah. Itu perasaan mereka aja. kalo mau tahu ikutlah bersama Jamaah, Insya Alllah betul-brtul kita merasa mendapatkan Hidayah dari Allah SWT.. Mari bergabung !!!

  17. jalan menuju sorga sangat banyak, yang penting jangan mengaku paling sunnah, karena hanya Allah yg paling tau diantara hamba-Nya yang paling bertaqwa

  18. inilah orang yang benar-benar mengikuti sunnah baginda rasulullahSAW. mereka korban harta dan diri mereka agar bagaimana AGAMA sampai keseluruh alam, dan mereka semata-mata mencari ridhonya ALLAH SWT semata, dan mengikuti perjuangan baginda rasulullah dan para sahabat. inilah yang di katakan benar-benar jihad fisabilillah. insya ALLAH saya niat 4 bulan keluar di jalan ALLAH.

  19. nadak usah mikiran dalil 3 hari, 40 hr ataupun 4 bulan. ini kerja kita. kita juga yang netapin sistemnya. selama sistem itu effektif, kenapa tidak ? bani isroil sudah pernah lihat sendiri bukti kebesaran allah, tetap saja kufur kan?. siapa mau ikut, ayo kita jalan. gak mau ikut , ya sudah, stay around sajalah… jangan bikin ribut jangan bikin masalah. tidak akan pernah penonton memperoleh reward setara dengan pemain. sehebat apapun penonton itu. persetan dengan dalil.

    KERJA INI HANYA BAGI LAKI2 YANG GAK TAKUT ANAK ISTRI.!

  20. kalo tentara dikirim ke medan perang sampai berbulan-bulan, nahkoda kapal sering kali harus keliling samudra hingga 6 bulan, keluarganya gak diajak, kan ? keluarganya tetap dtinggal bukan ? kenapa gak dimasalahin?
    untuk seluruh penentang tabligh, buktikan bahwa kalian memang bisa melalkukan yang lebih baik, yang lebih sahih, yang lebih manfaat untuk umat. persoalan agama tidak akan selesai dengan mendiskreditkan orang/jamaah lain.
    keep on da’wah. keep on hidayah..

  21. Beberapa tudingan pernah saya baca, namun apa yang ditawarkan mereka tidak menjawab persoalan yg di butuhkan umat saaat ini. Jemaah tabligh adalah sebuah peran yg amat penting untuk mengingatkan bahkan memberikan penjelasan dari apa yg selama ini terkesan hilangnya ilmu dan pemahaman ttg kewajiban umat Islam dalam lingkungan umat Islam sendiri, terkhusus di Indonesia yg memiliki multi budaya yang mempengaruhi pemaham Islam yg hakiki. Insya Allah apa yg di niatkan dapat terwujud.Amin.

  22. Jadi selama ini cuma tuduhan saja yah…
    —————————————-
    @ahsanfiles:
    Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar.
    Memang selama ini hanya fitnah yang dihembuskan oleh golongan tertentu yang berusaha untuk menghalangi usaha dakwah dan tabligh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 125 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: