• AYO KITA BERDAKWAH MENJADI UMAT TERBAIK

    Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Ali Imran:110) Gunawan Abdul Ghofur

  • Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS: Muhammad:7)

  • BISNIS YANG TAK PERNAH RUGI

    Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS: ASHAAF 10-12)
  • Berlomba-Lomba dalam Kebaikan dan Taqwa

    1animated183
  • Jangan Sakiti Saudaramu

    movingfunnypenguins
  • free counters
  • Anda Pengunjung ke:

    • 5,414,436
  • MARI KITA MAKMURKAN MASJID….

    Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS: AT TAUBAH:18)
  • Halaman

  • April 2010
    S S R K J S M
    « Mar   Mei »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  

Sejarah Tanjung Priok dan Makam Mbah Priuk



Makam Mbah Priok adalah potongan histori Jakarta. Dalam perkembangan zaman, di sekitar makam berdiri aneka bangunan, termasuk bangunan tanpa izin.

Lantas siapa Mbah Priok? Mbah Priok terkait erat dengan sejarah kota Jakarta dan perkembangan Islam di Jawa. Nama daerah Tanjung Priok yang kita kenal sekarang ini, lahir dari kisah hidup Mbah Priok.

Mbah Priok adalah nama lain dari Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad. Habib Hasan adalah penyebar Islam di Jakarta Utara pada abad ke-18. Ulama ini meninggal pada tahun 1756 karena kapalnya terkena badai di laut utara Jakarta.

Saat Habib Hasan dimakamkan, batu nisannya adalah dayung patah dan periuk nasi milik Habib Hasan. Di makam itu juga ditanam Bunga Tanjung. Kemudian, dari makam ini lahirlah nama Tanjung Priok yang merujuk pada bunga Tanjung dan periuk nasi di makam ulama ini.

Dahulu, makam asli Mbah Priok ada di kawasan Pondok Dayung. Makam ini lalu dipindahkan ke lokasi yang ada sekarang. Seiring waktu berjalan, kawasan di sekitar makam Mbah Priok, tumbuh menjadi kawasan pelabuhan terpadu Tanjung Priok.

Hingga saat ini, makam Mbah Priok menjadi salah satu tempat ziarah di Jakarta. Para peziarah datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Makam ulama ini, kini berada di dekat Terminal Peti Kemas (TPK) Koja, Jakarta Utara. Selain makam, ada juga beberapa perumahan milik warga. Karena wilayah ini dekat dengan pelabuhan, mulailah timbul perselisihan dengan warga dan ahli waris makam dengan pengelola pelabuhan.

“Wajar jika umat mempertahankan tempat, karena ini merupakan syiar Islam dan tempat sejarah.

About these ads

92 Tanggapan

  1. Uangnya kebesaran.

  2. semoga gak berkepanjangan.. amin

  3. Monggo cari pemimpin yang peduli akan sejarah peradaban Islam di Indonesia… Pemimpin yang seneng berdzikir dan sholawat . Yakini akan menjaga situs2 Islam di negeri ini… Hanya wong NU yang bisa menjaga bumi ini dari keserakahan dunia…

  4. […] Sejarah Tanjung Priok dan Makam Mbah Priuk Posted on 14 April 2010 by Abdul Ghofur           […]

  5. Laaaaaailahaillallooh Muhammadurrosuulullooh fi kulli lam hatiwwanafasin’adada maa wa si”ahu ‘ilmullooh

  6. sholawat bae banyakin n g ush trlalu terlena m makhluk2 ALLOOH yg trlena akan dunia makhluk ciptaan ALLOOH yg fana ini

  7. emang di negara kita ini apapun dijadikan duit,, demi duit apapun mau digusur,, gak terkecuali makam sekali pun.. pada hal yang udah mati ga’ punya salah apa2 tuh sama mereka…,,

  8. sebaik nya pmerintah harus malestarikan cagar budaya islam di indonesia. salh satunya adalah menjaga makam kramat mbah priuk, karna di makam itu terdapat walimastul yang sangat mulia, dan sebaiknya kepada orang orang yg akan membongkar makam mbah priuk akan mendapatkan azab dari allah……… dan bila membonkar makam mbah priuk ini jangankan priuk jakarta pun akan ditenggelamkan…… sekian dan terima kasih .assalammuallaikum wr wb.

  9. Asalammualaikum.wr.wb

  10. nabi MUHAMMAD SAW bersabda:

    ”sesungguh nya para ulama itu adalah pewaris dan keturunan nabi maka siapa orang yang menyakiti keturunan nabi sama saja iya menyakiti nabi”

    nabi MUHAMMAD SAW bersabda:

    “siapa orang yang bersohlawat kepadanya satu sholawat niscaya ALLAH SWT akan membalas dengan sepuluh sholawat dan akan mendapat syafaatnya pada hari kiamat”

  11. exs@maulana mufti,coba anda bertanya kpd ulama mengapa fisik maqam Rasullulloh SAW begitu indah,bahkan makam para sahabat pun amat indah di pandang,dan makam Sayyidina Ali Kw..pun amat di jaga,lalu mengapa anda tiba2 menulis seakan akan makam2 para auliya2 Alloh itu di larang oleh Nabi..???berilah tanda betapa istimewanya mereka para Anbiya dan Para Sholehin,mengapa makam pahlawan bersifat khusus…mengapa mereka tdk di kubur di TPU..??dan semestinya anda tau bahwa umat islam tdklah menyembah kuburan..apakah org yg berziarah itu bersujud dan meminta kpd makam..???tidak tp kami mendoakan org yg kami cintai..yaitu para Anbiya wal sholihin…hati2 dgn ajaran Kaum WAHABI…kita ini Ahlu sunnah wal jamaah…

  12. 5.@maulana torik,harap di jg hati serta kalam anda…mengatakan kami jamaah berbuat syirik coba anda hadir di pengajian kami setiap malam jum’at ba’da magrib…jgn asal mengatakan org syirik itu amat berbahaya bagi diri anda…
    6.taukah antum ketika kami brada d medan perperangan di tg priok berapa byk minuman keras yg kami temukan di dlm mobil sat pol pp,sebelum matahari terbit mereka mengatakan “harus ada hasil atau yg di robohkan di tempat ini”,tp ktika selesai terjadinya perang dan di tanya oleh media mereka berkata “kami tdk ingin membongkar tp merenovasi”.

  13. 1.yg gax ikut perang di tg priuk harap menahan nafsu utk b’koment…biarlah kami yg ada di dlm medan p’perangan itu b’juang atas nama s’orang ulama yg kami cintai.
    2.ini bukan mslh kuburan tp ini adalh tanda cinta kami kpd seorang ulama yg menyebarkan agama di indonesia.dan ingat para wali itu tdklah mati bahkan mereka mendapat rizki,yg gax ngaji pst gax tau…
    3.dan kami para jamaah bkn lah menyembah al Habib Hasan Al Hadad,tp Alloh & Rasulloh yg memerintahkan kami utk menghormati para ulama dan ahl baitnya yg sholeh…
    4.klo ada yg mengatakan di berziarah itu syirik,mengapa kita umat islam di anjurkan berziarah k makam Nabi Muhammad SAW,bahkan Nabi SAW pun pernah berziarah k makam Baqi,yg gax ngaji gax bakalan tau…dan hanya org bodoh yg mengira kami menyembah kuburan…qul huwaullah huu ahad…dan jgn lah kamu memahami ajaran WAHABI…

  14. Sebenernya Habib Itu Tidak adA
    Yang Ada Haya Ulama
    Dan Ulama Adalah Manusia Yang Takut Pada Allah
    Dan Maka Dari Itu Tidak Ada Yang Namanya Habib
    Apa Lagy Yg Dilakukan Jammat Di Priok Koja Itu
    Itu Termasuk Syirik,Menduakan Allah………..

    Assstagfirullahhaladzim………………..

  15. Semua klo bukan ahlinya jagan ikut komen…malah tambah runyam…

  16. ya…. Allah
    berilah prlindungan mu7 kpd kaum mu

  17. maulana mufti!!! ane setuju pendapat ente!!!

  18. Inget sejarah perjuangan bangsa kita, di indonesia ini banyak orang sakti, ada yang bisa terbang, ada yang punya ajian seraj jiwa, segara geni, bayu bajra, pukulan jarak jauh,…. seperti di filem itu….

    ada juga sunan kali jaga yang sakti, bertapa dipinggir kali sampai ada burung yang buat sarang dikepalanya, gimana sholatnya ya??

    Tapi tanya kenapa, tidak mampu mengusir penjajah belanda yang kafir itu???

    Tanya kenapa?? Karena kesyirikan tidak akan mendatangkan kebaikan, hanya mendatangkan keburukan,

    kalau mau mengikuti pendahulu kita, ikutilah pendahulu kita yang hebat, siapa mereka??

    bukan orang yang bisa terbang, bukan yang punya kesaktian seperti di atas, bukan pula wali-wali yang sejarahnya saja tidak jelas…. kecuali korban filem dan sinetron…

    siapa mereka itu?? ikutilah para sahabat…. manusia-manusia hebat yang dididik langsung oleh Rasulullah…

    Rasulullah pernah memberikan perintah kepada Ali untuk meratakan kuburan yang dibangun… baca selengkapnya disini:

    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/23/jika-kuburan-dikeramatkan/

  19. Kuburan Rasulullah saja dilarang untuk dikeramatkan, dan wasiat Rasulullah 5 hari menjelang wafatnya, Rasulullah melaknat orang-orang yahudi dan nasrani yang menjadikan tempat ibadah pada kuburan orang-orang shalih mereka…

    Harusnya ini dijadikan pelajaran bagi kaum muslimin semua, bagaimana mereka memperlakukan kuburan sesuai anjuran Rasulullah,….

    Sungguh kebodohan akan hal inilah yang mendorong kaum muslimin masih melakukan apa-apa yang dilarang Rasulullah,

    Baca disini tentang para penyembah kuburan disini… download kajiannya…

    http://aslibumiayu.wordpress.com/2010/04/21/mengapa-mereka-menyembah-kuburan/

  20. Saya setuju 100000000000%, makam itu dibongkar, karena tidak ada manfaatnya, hanya mengundang syirik, dan ga ada kaitannya dengan sejarah Islam

  21. sudah tidak usah didebat lagi soal nama tanjung priok itu didapat, sudah tidak ada lagi perdebatan yang tersisa, cuma ada kusir yang mendebat kuda soal apa bedanya nol dan kosong, debat soal ayam dan telur mana yang duluan, yang cuma ada seperti yang sudah-sudah, “ujung-ujungnya duit” juga.

  22. patut di duga 100% itu ulah kasak kusuk amerika yg sembunyi 2 memesankan kawasan koja radius 2 km bebes kerumunan masa yg membahayakan kapal dagang ,perang bule itu ,,,setuju

  23. YANG PENTING KLO BANGSE MO MAJU HARUS INGET PENDAHULU PENDAHULUNYE…JGN KYA KACANG LUPA AME KULITNYE..BUKANNYE MO MENDUA KAN ALLAH, TP KITA HARUS HORMAT AME YG DH GA ADA (TERDAHULU).GITU….

  24. Sejarah Tg.Priok versi apaan nih??
    Ini engkong ente yg ngarang ceritanye ye??!!

  25. ju2r ane bingung lhat kjadian di priuk..dr pda rbut2 trus mending kta instrokpsi aja,pa sholat kita udah bner,pa ibadah kita uah bener,pa kluarga kita udah mlksankn yg dprntah Allah SWT?drpd rbut kya gtu,udah cpek,skit,da yg mati lg..knp kita g mikir…BELANDA aja bsa bkin kota di bawah laut…Nblum prnh dengr tu mereka terkna bnjir di kota tu…saudaraku smua…bertafakurlah…..

  26. Doohh . . Tanah moyang gw knp jd brantakan gni?????

  27. jgn biarkan pemerintah menindak semena-mena mentang” kuburan seenaknya aj mau gusur, jgn membela sebelah pihak, sudah jatuh korban baru musyawarah, sblm nya kemana? itu kuburan bukan kuburan orang biasa tapi kuburan wali allah swt, kurang lebih 3 bulan lalu kan sudah ada korban berprilaku tidak sopan dilingkungan komplek makam al habib hasan bin muhammad al hadad orng itu mendapat musibah yg diberikan dari allah swt

  28. […] terkait: 1. Sejarah Tanjung Priok dan Makam Mbah Priuk oleh Abdul Ghofur 2. Sejarah Mbah Priok oleh Padepokan Gerilya 3. Siapakah Mbah Priok? Pembongkaran […]

  29. Abad XVII Belanda memberlakukan berbagai pungutan terhadap kapal2 yang bersandar di Sunda Kelapa. Karena kesal, mereka berusaha mencari labuhan baru. Kapal2 asing menamakan pelabuhan yang baru itu sebagai vrij jorg atau free york atau demarga bebas. Pribumi Betawi menyebutnya sebagai pri-ok. Lantas apa hubungannya dengan Habib bin Muhammad Al Hadad?

  30. Smg ada hikma yg trsembunyi dibalik pristiwa ini!

  31. pelabuhan merupakan bagian dari perairan yg dalam sebuah hadis di sebutkan bahwa manusia berserikat dlm tiga hal perumputan , api, dan air. mksudnya gak blh da yg memiliki. itu semua merupakan hak selruh rakyat. rakyat blh menikmati hasilnya. hanya saja, ketiga unsur tadi dikelola olh pemerintah untuk diupayakan demi kesejateraan rakyat, yg hasil pengelolaannya di kembalikan kepada seluruh . bukan dibagakan kpda sebagian rakyat saja. cth, PT Pelindo. tu sma ja dgn mengkhianati rakyat cz memberkan SDA kpd pihak tertentu sehingga dia yg menikmati, rakyat lain tdak menerima hasil pengelolaannya. sudah seharuznya pemerintah kembali mengambil hak rakyat tsb u/ dikelola scara optimal. Pt Pelindo bz dgantikan ganti rugi olh negara berdasarkan modal yg dikeluarkan sehingga tdk merasa dirugikan

  32. yang anamanya kuburan org muslim gak boleh diutak atik. sebab, dengan cara begitu sama saja dengan menganiyaya si mayit seperti hal masih hidup. dengan alasan autopsi saja , itu gak bleh cz itu ngutak ngatik tubuh si mayat, dan itu sama dgn menganiyaya, hukumnya jelas gak bleh. buat autopsi ja gak blh pa lg cuma buat dibikin jalan di pelabuhan. alias di gusur

  33. Dari dlu ane teruz yg di jdikan sasaran para penguasa . . . Sadar wahai para pejabat,Sebuah Negara trbntuk atas dasar Rakyat,dan Pejabat2 adlah utusan Rakyat tuk membawa Negri ini ke Arah yg lbh baik !!!

  34. GITU AJA REPOT, MUSYAWARAH DONK…..! MUFAKAT PASTI DITEMUKAN. NEGARA KITA KAN PUNYA PANCASILA.

  35. Ya mestinya mbok di bicarakan baik-baik. toh negara ini negara hukum dan berdemokrasi, kenapa falsafah pancasila jadi hilang dari hati nurani. tar dipakai negara lain kitanya yang repot. ya nggggak…..?

  36. kenpa baru dijadikan cagar budaya setelah menlan banyak korban :(

  37. saya sendiri baru tahu bahwa tanjung priuk ada sejarahnya setelah peristiwa itu. Melihat pemerintah yang ingin memindah lokasi makam mbah priok, jadi miris liatnya, kok sejarah ga dijaga

  38. itu termasuk peninngalan sejarah jadi harus dilestarikan

  39. Saya baru tau,ternyata Tanjung Priuk ada sejarahnya juga yaa..
    Dan itu merupakan nama orang…

  40. Di luar masalah makam keramat atau tidak,memang diperlukan jalan yg adil,bukan jalan orang kuat melindas yg lemah,bukan jalan orang yg berkuasa mengorbankan orang kecil,harus benar benar dseldiki lagi apa benar tanah itu sudah djual dan knpa ahli waris merasa masih berhak atas tnah itu, dsitlah letak keanehan yg harus dkuak,agar tidak ada pihak2 yg merasa di rugikan berarti ada ketidakadilan yg harus ditegakkan jangan bawa2 agama dlu supaya mslah tdak smakin luas dan berkmbg ke masalah SARA yg akn dmanfaatkn pihak2 tertntu yg diuntgkn dgn maslh tsbut..ini ada urusanx dgn MAFIA TANAH

  41. @All, terima kasih bagi pembaca yang telah berkomentar di artikel ini.
    Semoga peristiwa yang terjadi bisa menjadi pembelajaran dan pengalaman pahit yang akan menjadi guru bagi kita semua. Karena pengalaman adalah guru yang terbaik.
    Bagi yang pro dan kontra saya harapkan tidak saling membenci dan memprovokasi. Karena tidak akan menyelesaikan masalah. Mudah-mudahan ada hikmah yang bisa dipetik dari kejadian ini. Semoga Allah yang Maha Kuasa selalu melindungi dan merahmati kita semua.Amin.

  42. kembalilah kejalan al haq bagaimana petunjuk menghadafi fitnah dan masalah. Allah menegaskan bagaimana kita taat kepada penguasa sebagaimana dalam surah an-nisa selama dalam perkara yang baik maka tdk ada kata lain kec. harus tunduk dan patuh, kalau dia mengeluarkan suatu kebijakan maka taatilah kapan tdk ditaati maka mudorat yang timbul ditengah kaum muslimin akan terjadi seperti yang anda saksikan beberapa silam hari yang lalu.inilah akibat klo kita tdk taat kepada penguasa yang sah. sadarlah wahai saudaraku inilah nasehat dari ulama ahlussunnah dari dulu sampai sekarang.

  43. Menurut gw sikap warga tanjung priok terlalu berlebihan dalam hal ini.
    Dan yang bikin gw bingung pas gw lihat di TV, sebenarnya yang mereka sembah itu Allah atau orang mati? Terlihat mereka begitu mendewakan tokoh ini bahkan rela untuk merusak dan membunuh demi membelanya.
    Ironisnya mereka bangga dengan hal tersebut.

    Semoga peristiwa seperti ini tidak terulang kembali. Tidak perlu memakai kekerasan dalam menyelesaikan masalah, masih banyak jalan lainnya.

    Turut berduka cita atas meninggalnya tiga anggota satpol pp. Semoga dapat beristirahat dengan tenang.

  44. masing2 baik pihak satpol PP dan warga masyarakat cuma kurang info aja, jadinya miss understanding gitu deh…

    salam kenal :)

  45. walahwlah…….. satpol pp tambah beringas aja …………………………………

  46. warga yang jadi korban kerusuhan priuk adalah rakyat, satpol PP dan polisi juga rakyat. kalo sama-sama rakyat kenapa harus bentrok? siapa sih yang membenturkan mereka? adakah muatan kepentingan yang bermain di sana? atau kepentingan UANG yang dominan? sungguh ketrlaluan jika rakyat tewas demi kepentingan segelintir orang.

  47. Ente betul abu somad

  48. Assalamu alaikum wrwb.
    Salam kenal semua.
    Tak ada yg salah…cuma ini adalah suatu proses takdir.jika tdk ada kejadian ini tentu akan berlarut larut…bersyukurlah karena semua pihak sepakat.
    Suatu bangsa terkenal karena historinya.bagaimana mau dikenal kalau historinya di musnahkan???
    Suatu bangsa berkembang jika pelabuhannya besar untk penunjang perekonomian.bagaimana mau berkembang jika areal pelabuhannya gak mencukupi untk bongkar muat ???
    Suatu ummat yg berani mati karena keyakinannya benar…sdh jls masing masing pihak merasa benar jadi gak ada yg salah kan?
    Akurlah semuanya supaya damai selama lamanya seiring kejayaan bangsa dan agama kita.
    Wassalam

  49. kaya-kayanya ini mah urusan duit nih. soalnya lokasi makam kramat itu kan sangat strategis bgt dekat dengan pelabuhan internasional dan terminal peti kemas, yah klo di itung2 pasti milyaran rp… gmn pejabat gak ngiler dengan potensi kya gt. ingat ya klo smpe makam kramat di bongkar bukan cm koja jakarta bakal kelelep. juriyyah Nabi itu adalah pakunya bumi.

  50. BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI SEJARAH…..
    KALAU BANGSA INI TIDAK MENGHARGAI SEJARAH BERARTI BANGSA INI ADALAH BANGSA YANG AKAN DIKUTUK OLEH PARA PAHLAWAN SANG PENGUKIR SEJARAH…
    NEGARA INI PERLAHAN AKAN HANCUR APABILA KITA TIDAK MENGHARGAI SEJARAH…..
    HIDUP SEJARAH…..
    MARI KITA JUNJUNG TINGGI-RTINGGI SEJARAH…..
    KITA TIDAK AKAN MERDEKA KALAU TIADA ADA SEJARAH…..

  51. Pemda D.K.I tolol Pemda D.K.I Bego. . . Bkn cma yg msh idup aj yg di sengsarain,yg udh berbaur tanah pun di usik2. . Ap lg itu pusara ulama yg n0ta bena adlh akar dri brdrinya NEGARA INDONESIA !!! Dasar Tolol

  52. @34 dibatasi jarak itu dkrnakan tuk menghindari hal2 yg brsifat syrik. .Juru kunci maqom jg mnjlaskan. .Bhwa sblm dbtasi jarak,ad brang2 aneh yg ditaruh peziarah yg mndkatkan kpd syirik. . Prlu anda ketahui,semodern ap pun bngsa qta,tak lepas dri pngaruh adat karuhun yg sdh ad sjak berabad abad lalu,bhkan jauh sblm orang2 eropa mengenal NUSANTARA,jd pmbatasan jarak dlakukan tuk hal2 yg akn mndkatkan syrik yg dilakukan para peziarah

  53. situs sejarah, lindungi!!!!

  54. […] Sejarah Tanjung Priok dan Makam Mbah Priuk Makam Mbah Priok adalah potongan histori Jakarta. Dalam perkembangan zaman, di sekitar makam berdiri aneka bangunan, […] […]

  55. semoga tdk berkepanjangan

  56. Semoga kita menyadari agar jangan saling membunuh karena kuburan.

  57. Benarkah makam itu masih ada? aku liat berita tadi, diceritakan bahwa beberapa tahun lalu pemakaman tersebut telah di relokasi oleh Pemda, akan tetapi menurut ahli waris makam tersebut masih ada, akan tetapi setiap pengunjung yang berniat mengunjungi makam tersebut malah dilarang memasuki areal makam, atau dibatasi sampai jarak tertentu….

  58. Salam kenal dari Malaysia……….

    http://ibnismail.wordpress.com

  59. sejarah islam indonesia harus ditulis kembali, karena faktanya memang masih banyak yg bersifat naratif (berdasarkan cerita dari mulut kemulut), tdk didukung oleh fakta sejarah, sehingga kebenaran sejarah itu pun lalu dipertanyakan. di indonesia, sejarah sbg sebuah disiplin ilmu, dongeng dan legenda telah bercampur aduk gak karuan. dongeng dianggap sejarah, demikianpun legenda. yg jelas bhw kebenaran sejarah pasti didukung oleh fakta sejarah dan bukan dongeng apalagi legenda. terkait dengan sejarah tg priok dan Habib Hassan bin Muhammad Al Hadad memang harus dikodifikasi dlm sebuah buku sejarah khusus berdasarkan penelitian mendalam berdasarkan fakta sejarah, tdk cukup dg mengandalkan cerita dari mulut kemulut, apalagi rentang waktu kejadiannya yg sangat panjang (dr abad 17 hingga saat ini). bandingkan dengan sejarah hadits nabi muhammad saw yang selalu terekam, ditulis dan dikodifikasi oleh para sahabat dari waktu kewaktu sehingga dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan fakta sejarah….departemen diknas dan departemen agama mestinya yg paling bertanggung jawab terhadap penulisan sejarah islam dan perjuangan umat islam indonesia.

  60. terlepas pemahamn berbeda tentang kramat para aulia, yang jelas penggusuran itu tidak wajar.

  61. Satpol Juga Manusia Tapi Orng2 Yang cuma duduk dibelakang Meja dan Berdasi yang Harus di Basmi

  62. apa semua rentetan kejadian tanjung priok trmsk pesanan politik dibalik pengkaburan kasus century,,,,?wa allahu a’lam bi showab.

  63. Bangsa yang bejad adalah bangsa yang tak menghargai sejarahnya,hanya karena Rp……..tega menjual diri sendiri….ingat….bila terjadi lagi,jakarta pasti banjir darah….karena tidak hanya warga tanjung priok saja yang rela mati syahid membela panutannya,tp umat islam akan rela mati syahid membelanya……

  64. @26 nah itulah kebobrokan Pjbat2 indonesia,yg ga pnya dasar sejarah akan bngsanya. . Yg menilai sgla seuatu dgn harta dan tahta . . Memang btul ad mafia kasus di tbuh kjaksaan smpe ktingkat Polri . . Yg skrng sdang di usut dan itu smua ulah dri anjing2 GAYUS TAMBUNAN

  65. Tapi aneh juga jika Komplek Pemakaman Habib Hassan bin Muhammad Al Hadad yang merupakan pendiri Tanjung Priok yang berusia ratusan tahun (sejak abad 18) tiba-tiba diklaim jadi milik PT Pelindo II. Kapan belinya? Aneh sekali jika pengadilan yang kerap ditengarai ada Mafia Peradilan/Mafia Hukum akhirnya memenangkan PT Pelindo II sebagai pemilik lahan tersebut.

    “Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui. ” [Al Baqarah 188]

    http://kabarislam.wordpress.com/2010/04/15/bentrok-tanjung-priok-dosa-besar-mengambil-tanah-orang-dengan-jalan-bathil/

  66. @23 T.O.L.O.L sok tau . . Orang kya lu ni yg msti keluar dri indonesia,lantaran lu cma mw minum aer dri tnah indonesia,mkan dri hsil bumi indonesia. .Smpai bernafas dgn udara INDONESIAAA !!! Tp kg mw tw tntang INDONESIAAA. . .Ajridt lu Pecundang cyber

  67. Kejadian yang membuatku sedih dan miris. Mengapa nilai-nilai musyawarah mufakat seperti dilupakan, kedua pihak sama-sama emsional, amuk begitu. Semoga Allah mengampuni dosa mereka…jendelakatatiti.wordpress.com

  68. uruslah urusanmu masing masing sesuia kapasitasmu masing masing tak ushlah kamu mengurusi yang bukan urusanmu. Tidak bisa berbuat baguslah diam saja, jgn memancing di air yg keruh ok…..

  69. […] Sejarah Tanjung Priok dan Makam Mbah Priuk […]

  70. @20 lu tau ap tntang sejarah,indonesia di bangun atas dasar sejarah panjang. . “Bangsa yg besar adalah bangsa yg menghargai/menghormati sejarah bangsanya” nah lu sndri kg ad respect ma sejarah,lu bkn Orang Indonesia ASLI !!!! Coz orng Indonesia ASLI akn mndptkan kisah yg trun tmurun dri hal yg trjdi sesungguhnya . . Emangnye Ulama di Indonesia cman Wali songo aje. . Blajar ma Mak erot c lu

  71. makam tanjung priuk apanya yg keramat wkwkwkwkwk ada2 aje nih orang bikin bikin sejara mau ngalahin 9 wali yau

  72. ini masalah ekonomi…. kalo berhasil digusur…dapat KOMPENSASI… kalo pegawai ditjen pajak.. dapatnya REMUNERASI.. FAHAM ENTE…??

    biaya gusur satpol PP adalah Rp….. dana yang diajukan adalah RP….. sisanya buat siapa..?? semua itu bisa di atur…

    jalan tol kalo sudah jadi, kan lumayan tuh.. duduk manis dapat duit dari tiket tol.. asumsi dari harga tiket nitip harga Rp. 500 per kendaraan x ribuan kendaraan per hari.. = kaya raya…

  73. seharus nya satpol pp tdk menggusur makam mbah priok..kan itu jadi sejarah dlm kehidupan yg kita harus jaga dan memperbaikinya,,,,bukan dengan cara terjadinya bentrokan2???,,,,kan kasian warga2 yg kena bentrokan ,,,,sampai2 warga terluka karna bentrokan itu,,,,itu bukan hal yg bagus menurut saya!!!!…harus nya ada kesepakatan antara yg bersangkutan dong….kan jadi tercemarnya negara kita …..karna terjadi nya bentrokan………………
    yg salah itu satpol pp karna mengusik ketenangan warga……begitupun pemerintah harus nya bersifat positif donk…..jangan ugal2 lan

  74. aparat tuh harus tw diri…jg pemerintah…inget donk!!DARI RAKYAT UNTUK RAKYAT!!!!anda2 smua yg d atas sna,spa yg gaji klo bkn dari rakyat???????tw diri dikit lah!!jgn serakah!!!rakyat udah miskin jadi tambah miskinnn…makam ja masih mw di gusur jg!!!mang udh habizz ya lahan bwt korupsi?????smpe2 kuburan ja mw di gusur!!inget,TUHAN TUH GA TIDURRR!!anda2 smua tuh udh pd TUA..bntr lg pd mati…mnding bnyk2in AMAL..bkn DOSA!!!

  75. semua ini berawal dari keserakahan bangsa indonesia….bangsa ini memang bangsa yang rakus…, DULU bangsa indonesia bangsa pejuang…tapi itu DUULUUUUUUU…sudah lelah rasanya menyeru untuk bertobat….sudahlah HANCURKAN saja bangsa kita ini!!!! BOBROK MORAL jadi pemandangan sehari hari…dosa lebih mudah diperbuat dari pada amal…sudah…hancurkan saja negara ini….sudah tidak ada harapan lagi….hancur semua….

  76. @13. . . Nah klo yg mw ngrebut pke kekerasan,ap qta tingal duduk santai digebugin gtu. . . Ente kg ad dsna,jd kg tw sp yg braksi trlbh dhulu. .

  77. @Up betul betul betul !!!

  78. pempertahankan sesuatu bukan dengan cara yg kasar….

  79. Sebenarnya orang indonesia tu cinta damai dan pemaaf,coba bayangkan dulu hampir 30 tahun lebih kita dipimpin oleh pemimpin yang otoriter dan diktator dengan segala bentuk kroni2nya,kita memaafkan bahkan melupakan….tapi jangan coba2 ganggu hak2 masyarakat yang paling independen,begitu akibatnya.rakyat tu udah banyak ngalah,menerima apa adanya masih ditekan juga ya marahlah…kekuatan sebuah negara ada ditangan rakyatnya,klo rakyat marah ,bubarlah negara ini,kyak peristiwa mei-2008.harusnya aparat tu belajar !!! ingatlah wahai aparat,kekuatan rakyat tu gak ada batasnya!!!!

  80. @hadi blajar sjarah jgn dri situs buu,tp dri plaku sejarah na langsung . . Jstru kdang yg disitus2 website sring keliru

  81. itu semua kejadian brutal pada masarakat oleh polisi adalah cermin dari bokroknya pemerintahan

  82. baru tau siapa mbah priok itu :)

  83. Apa salahnya membongkar makam ya? Bukankah arwah yang meninggal itu tidak berdiam di tanah kuburan melainkan sudah ada di alam lain yang berbeda dimensinya dengan dunia ini (alam kubur).

    Sepertinya sangat aneh bila orang-orang tersebut berjuang mengatasnamakan “Islam” namun cara mereka sangat-sangat anarkis seperti itu.

  84. Dalam hal ini, petugas arogan merasa paling benar. Tdk di perhitungkan dampaknya.
    Masyarakat juga sama belum tentu benar, karena cara mempertahankannya tdk seperti muslim yang baik.

  85. Kepentingan yang mana dulu yg harus di prioritaskan untuk umum. Rasulullah SAW mengajarkan segala sesuatu melalui musyawarah berdasarkan jalan yang benar. Berharap satu sama lain tidak di dasari kepentingan pribadi dengan alasan kepentingan umum. Berkeyakinan untuk hal kuburan keramat, tdk bisa di atur oleh kebijakan SATPOL PP, sehingga ketersinggungan pihak2 yang merasa yakin akan nilai sejarah kuburan keramat. Begitu juga dengan pihak masyarakat, seyogianya back to azimut, melihat ke belakang dengan duduk bersama, membuka serta mengorek sejarah. Apa betul ini harus dipertahankan ? Seandainya merasa yakin yg dipertahankannya nilai2 sejaraj syiar Islam, harus yakin juga hanya Allah SWT yang akan memberikan solusinya.

  86. kok kayaknya sejarahnya dibuat2 yah,,? coba cek di situs2 sejarah islam.. tidak ada yg menyebutkan situs makam mbah priuk.. makam itu dibuat dipugar pada tahun 90an, setelah ada penggusuran pelebaran pelindo pada taun2 tersebut.. dulu daerah sampur memang ada makam tapi bukan makam keramat.. dan telah dipindah ke budi darma…kenapa sekarang jadi ada makam keramat yah? dimakamnnya jg ada ada gambar bunga tanjung n priuk nasi.. wah, terlalu dibuat2 dan mengada2.. dulu tanjung priuk pada tahun 50 an, masih rawa2 setelah ada rencana pelebaran pelabuhan.. maka berubah semuanya… tapi jadi aneh aja, ada situs makam yg namanya mbah priuk disitu..

  87. saya sangat kecewa dengan tindakan satpol PP yg sangat brutal dan membabi buta.
    seharusnya pemerintah yg bersangkutan mencari jalan keluarnya tanpa ada kekerasan.

  88. para habaib adalah paku bumi yang akan meredam jikala allah murka terhadap manusia yan dholim,
    oleh karenanya bagaimana negara ini jika sudah tidak ada lagi yang peduli dan menjaga warisan leluhur yang sangat berharga, dan akan banyak terjadi bala dan bencana di negara kita.

  89. Uang rakyat untuk membantai rakyat.

  90. Ya Allah, mau dibawa kemana bangsa ini. Antara Pelindung Rakyat dan rakyatnya sendiri sampe perang berdarah seperti ini. trus siapa donk yang harus bertanggung jawab atas kejadian hari ini???

  91. Memang kta tdk dibenarkan unt mendewakan Kuburan, tetapi sbgai situs sejarah seharusnya pemda DKI mengurusnya dgn benar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 125 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: